Breaking News:

Papua Terkini

Jelang Nataru, Disperindagkop Kota Jayapura Gencarkan Inspeksi Pasar 

Menjelang Natal dan Tahun Baru Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura engintensifkan pengawasan harga barang kebutuhan pokok di pasar. 

Tribun-Papua
pasar Hamadi, Kota Jayapura, Papua 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Jayapura, mengintensifkan pengawasan harga barang kebutuhan pokok di pasar. 

Hal itu diungkapkan Sekretaris Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura Abner H Bemey, kepada Tribun-Papua.com di ruang kerjanya, Rabu (24/11/2021). 

"Kami memang di Disperindagkop biasanya, rutin menggelar operasi pasar atau pemantauan pasar itu, setiap minggu, dan hasilnya kami umumkan setiap Jumat," jelasnya. 

Baca juga: Jelang Nataru, Minyak Goreng Tembus Rp 19.000 per Liter, Pedagang: Hal Biasa

Abner mengatakan menjelang Nataru, pihaknya memang lebih meningkatkan intensitas pengawasan, terhadap harga-harga barang di pasar. 

"Memang untuk detailnya, nanti ada di bagian perdagangan, hanya memang kami betul-betul turun lakukan pengawasan di semua pasar yang ada di Kota Jayapura," katanya. 

Menurutnya, perkembangan harga bahan pokok yang dilaporkan pihaknya kepada publik setiap minggu, memang penting dilakukan agar masyarakat dapat mendapatkan informasi. 

"Terlebih menjelang hari raya, karena biasanya kebutuhan atau permintaan meningkat," sambungnya.

Baca juga: Organisasi Papua Merdeka Ancam Tembak Pesawat Pengangkut TNI-Polri di Yahukimo

Kaitannya dengan momen Natal, ia mengatakan biasanya Pemerintah Kota Jayapura akan langsung melakukan pemantauan di lapangan. 

Dalam kesempatan itu, Abner menyampaikan harapannya dengan dilaksanakan pemantauan pasar secara rutin, maka harga barang kebutuhan pokok dapat dikendalikan. 

"Jadi dengan begitu, para pedagang di pasar tidak serta merta menaikkan harga barang secara sepihak, terutama menjelang hari raya," sambungnya. 

Baca juga: Presiden Jokowi Murka terhadap OPM: Sikat Kelompok Ini, Mereka Tidak Punya Tempat di Republik Ini

Terakhir, ia menegaskan dalam pemantauan harga barang di pasar ini, pihaknya tidak sendiri, namun dibantu oleh lembaga atau OPD terkait di Pemkot Jayapura.(*) 

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved