Breaking News:

Pertanian

Bhayangkari Cabang Merauke Panen Bersama Petani Binaan Binmas Noken

Ketua Bhayangkari Cabang Merauke, Ndari Untung Sangaji bersama Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Merauke, Monika Moan Yoga dan anggota panen

Penulis: Hidayatillah | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Ketua Bhayangkari Cabang Merauke, Ndari Untung Sangaji bersama bersama wakil dan anggota didampingi Kasat Binmas Polres Merauke, AKP Makruf Suroto saat menunjukkan hasil panen tomat, cabai, dan bawang merah, Kamis (25/11/2021)sore. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Ketua Bhayangkari Cabang Merauke, Ndari Untung Sangaji bersama Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Merauke, Monika Moan Yoga dan anggota panen cabai,bawang merah dan tomat bersama petani

Panen berlangsung disela-sela pusat pelatihan pertanian Binmas Noken Wilayah Merauke, Kamis (25/11/2021)sore.

Baca juga: Penguatan Karakter Siswa Mandiri Melalui Seni Bantu Guru Bekerja Terstruktur

Ketua Bhayangkari Cabang Merauke, Ndari Untung Sangaji mengatakan panen bersama dan kunjungan di pusat pelatihan pertanian Binmas Noken itu merupakan implementasi program Pekarangan Pangan Lestari (P2L)Bhayangkari Merauke.

Baca juga: Motor Baru Dicicil, Sudah Digasak Maling

“Kali ini kerjasama dengan petani binaan Binmas Noken. Sebelumnya, kami panen nanas di Sota, sekarang disini,”kata Ndari kepada Tribun-Papua.com,Kamis (25/11/2021).

Dia menjelaskan, pengurus Bhayangkari Merauke ikut memanen tanaman cabai, bawang merah, dan tomat yang tumbuh subur di Jalan Tawarakai, Spadem, Kelurahan Muli, Merauke, Papua.

Baca juga: Cengkeh Punya 7 Manfaat Penting untuk Tubuh, Mencegah Kanker hingga Bantu Proses Kepadatan Tulang

“Kami juga menyerahkan bantuan bibit sekaligus belajar mengelola pertanian,”ujarnya.

Perempuan murah senyum itu mengapresiasi Kasat Binmas Polres Merauke, AKP Makruf Suroto yang berhasil membina petani dan menciptakan inovasi-inovasi teknologi canggih di bidang pertanian.

Bhayangkari Cabang Merauke pun berkesempatan belajar tentang pengairan lahan tanpa harus menyiram secara manual.

Baca juga: Jelang HUT OPM 1 Desember, Binmas Noken Polres Asmat Ajak Tokoh Agama Jaga Kamtibmas

“Meski dalam kota, kita bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan yang menghasilkan lumayan banyak panenan dan bagus. Tanamannya terawat,”katanya.

Sementara itu, petani binaan binmas Noken Wilayah Merauke, Suparto dan Sulastri mengakui sudah memetik hasil tomat, bawang merah, cabai, dan kol cukup melimpah.

Baca juga: Info CPNS 2021: Beberapa Alasan yang Bisa Menyebabkan Peserta SKB Tak Lolos

“Hasil panen tomat, lombok, bawang merah dikirim ke Tanah Merah (Boven Digoel), Mappi, dan Agats (Asmat),"ujar Sulastri.

Dia menambahkan, puncak panenan biasanya saat mendekati natal. Pengalamannya, bibit unggul yang dipanen seperti tomat bisa mencaapi 6 ton. Pengiriman barang ke masing-masing daerah bisa 2 kwintal. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved