Breaking News:

Papua Barat Terkini

Ketapang Dive Kwawi Manokwari Tanam Terumbu Karang di Media Berbentuk Pohon Natal

Kali ini para anggota menggelar transplantasi karang di media berbentuk pohon natal dan diturunkan di dasar laut Teluk Doreri dengan kedalaman 8 meter

Tribun-Papua.com/Safwan A Raharusun
Para penyelam dari Komunitas Ketapang Dive Kwawi Manokwari, Papua Barat, sedang mempersiapkan diri untuk menggeser media berbentuk pohon natal ke dasar laut Teluk Doreri. 

Laporan Wartawan TribunPapuaBarat.com, Safwan Ashari Raharusun

TRIBUN-PAPUA.COM, MANOKWARI - Komunitas Ketapang Dive Kwawi kembali menggelar transplantasi atau penanaman kembali terumbu karang di wilayah Teluk Doreri, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Meskipun setiap bulan dilakukan, aksi transplantasi karang oleh para anggota komunitas Ketapang Dive kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya.

Baca juga: Gedung Keuangan di Papua Telan Anggaran Rp 244 Miliar, Sri Mulyani Minta Pertanggungjawaban

Pasalnya, kali ini para anggota menggelar transplantasi karang di media berbentuk pohon natal dan diturunkan di dasar laut Teluk Doreri dengan kedalaman delapan meter.

Ketua Komunitas Ketapang Dive Kwawi Manokwari Alexander Sitanala (45) mengatakan, langkah transplantasi karang di wilayah Teluk Doreri, telah dilakukan setiap bulannya.

Hanya saja, yang dilakukan kali ini untuk menyambut bulan Desember, dan bertemakan natal.

Baca juga: Tokoh Pengendali Pegunungan Tengah Minta Polisi hingga KPK Usut Dana Otsus Papua

"Kami tadi telah melepaskan karang yang terpasang pada media berbentuk pohon natal ke dasar laut Teluk Doreri," ujar Sitanala, kepada TribunPapuaBarat.com, Minggu (29/11/2021).

Selain karang, di media yang berbentuk pohon natal juga telah dipasang lampu di sejumlah bagiannya.

"Natal tidak hanya dilakukan di darat, namun kami sebagai penyelam dan pecinta laut juga melaksanakan peringatan natal di dasar laut Teluk Doreri," kata nyong Ambon itu.

Ia menuturkan, untuk transplantasi karang kali ini, pihaknya menurunkan sebanyak 26 bibit karang, dengan beragam ukuran.

"Kali ini kita hanya siapkan satu media berbentuk pohon natal, dan kami pasang ada 26 bibit karang," tuturnya.

Baca juga: Kekayaan Gubernur Lukas Enembe yang Dilaporkan ke KPK Rp 31,2 Miliar: Berikut Sumbernya

Kiranya, lewat langkah yang dilakukan hari ini, pihaknya ingin mengajak setiap anak muda di Manokwari, harus punya kepedulian untuk menjadi laut.

Selain itu, pantauan TribunPapuaBarat.com, para penyelam dari Komunitas Ketapang Dive Kwawi Manokwari, juga mengenakan pernak pernik bak senter klas, saat membawa media berbentuk pohon natal. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved