Breaking News:

Kesehatan

Legislator Papua Dorong Pendirian Griya Sehat Pengobatan Tradisional

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPR) Jhon NR Gobay mendorong semua pihak agar melakukan langkah-langkah terkait kearifan lokal

Dinkes Papua for Tribun-Papua.com
Pertemuan di Dinkes Papua, bersama Dirjen Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementrian Kesehatan RI. Kasubdit Yankestrad Integrasi Kemenkes RI. dr Gita Swisari dalam rangka Bimtek Pengembangan Griya Sehat untuk pengembangan Pengobatan Tradisional di Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik R Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPR) Jhon NR Gobay mendorong semua pihak agar melakukan langkah-langkah terkait kearifan lokal yang dimiliki di wilayah paling timur Indonesia itu.

Jhon mengatakan, khususnya sektor budidaya obat tradisional dan praktik pengobatan, serta membangun klinik pengobatan tradisional di Papua.

Baca juga: Polisi Terpaksa Catat Nomor Kendaraan Untuk Mengurangi Antrean di SPBU

"Kita memiliki SDM dan SDA yang cukup, kemudian tanaman yang mengandung obat juga sangat melimpah namun belum dibudidaya,"kata Jhon ketika dikonfirmasi Tribun-Papua.com,Rabu (8/12/2021).

Menurut Jhon, bila ada pusat pasca panen tanaman obat, maka disitulah tempat masyarakat menjual tanaman yang telah teridentifikasi sebagai tanaman obat.

Baca juga: Gara-gara Tak Punya Izin, Polisi Sita Petasan dan Kembang Api Milik Warga Timika

"Seharusnya ada tempat pengobatan tradisional di Papua. Maka itu, perlu didirikan balai Pengobatan atau Griya Sehat Pengobatan tradisional di wilayah paling timur ini,"ujarnya.

Dia mengatakan, budaya dan tradisi orang Papua yakni jika budidaya dimaksud justru menambah nilai ekonomis bagi masyarakat lokal.

Lanjut dia, jika ada orang sakit, masyarakat memiliki pengetahuan untuk pengobatan sudah menjadi bagian dari budaya yang dilakukan turun temurun.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Rabu 8 Desember 2021: Gemini Berbagi Perasaan, Pisces Dapat Keberuntungan

"Kini bahan herbal juga merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat, jika mengumpulkan atau menanam untuk diolah menjadi herbal guna pengobatan tradisional,"katanya.

Jhon menyebut dasar hukum kebijakan dimaksud sesuai dengan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan diatur juga tentang pelayanan kesehatan tradisional termasuk salah satu dari 17 upaya kesehatan yang harus diselenggarakan secara terpadu.

Baca juga: Viral Video Ayah Diduga Paksa Balitanya untuk Mengisap Rokok, Langsung Diperiksa Polisi

"Dalam Peraturan Presiden (PP) 72 tahun 2012 ,tentang Sistem Kesehatan Nasional
Pasal 1 Dalam Peraturan Presiden ini yang dimaksud dengan Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis,"tambah Jhon.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved