Breaking News:

Covid 19

Maknai 2021, Warga Kota Jayapura: Covid-19 Mengubah Segalanya

Memaknai tahun 2021 yang akan segera berakhir, warga Kota Jayapura memiliki kesan khusus untuk tahun yang dijuluki Kerbau Logam itu.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Warga Kota Jayapura yang berjualan di pinggir Jalan Soa Siu Dok II Kota Jayapura Papua, Kamis (30/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Memaknai tahun 2021 yang akan segera berakhir, warga Kota Jayapura memiliki kesan khusus untuk tahun yang dijuluki Kerbau Logam itu.

Penjual minuman dan makanan ringan di Kawasan APO Sridiana (42) mengatakan sepanjang 2021, ia bersyukur dapat merasakan berkah dari adanya event PON XX di Papua.

"Kalau dari saya, memang tahun 2021 itu kan masih adanya Covid-19, tetapi saya sangat terbantu dari sisi pendapatan, jualan saya laris karena dekat dengan venue PON," kata Sridiana kepada Tribun-Papua.com, Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Kapolda Papua Minta Polres Jajarannya Tertibkan Miras Jelang Tahun Baru

Meski demikian, tantangan yang dihadapinya di tahun 2021 ialah beragam mulai dari sekolah anak yang belum maksimal, keluarga ada yang positif Covid-19, dan pengeluaran tak terduga lainnya.

"Saya pikir tiap tahun juga kita berjualan ini kan serba tidak pasti, maka saya harap tahun 2022 ini sudah tidak ada lagi, kalau bisa musnah," tambahnya.

Di lain sisi penjual mercon dan kembang api di wilayah Abepura, Hasna (46) mengatakan dirinya juga merasa tahun 2021 ialah tahun yang cukup sulit bagi dirinya, karena ia harus berusaha menjadi penjual musiman untuk menambah pendapatan.

"Tetapi saya tidak pernah putus asa, karena pasti jalannya Allah itu selalu ada untuk kita manusia, tinggal kita usaha keras sih," katanya.

Baca juga: Speedboat Berpenumpang 7 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat - Timika Papua

Terkait pandemi Covid-19, Hasna mengatakan ia sangat merasa terdampak, baik dari sisi ekonomi keluarga, hingga sulitnya melamar pekerjaan bagi saudara-saudaranya.

"Entah kapan ini berakhir, tetapi saya rasa telah mengubah semuanya Covid-19 ini, kita merasa resah, dan takut," tandasnya.

Sekadar diketahui, saat ini situasi Covid-19 di Kota Jayapura telah nihil, meski demikian otoritas pemerintah setempat tetap mengimbau masyarakat untuk lebih mendisiplinkan protokol kesehatan. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved