Breaking News:

Info Jayapura

Jelang 2022, Ini Resolusi Tahun Baru untuk Provinsi Papua dari LSM Pagaras

Resolusi ini tentu sebagai harapan dan keinginan bagi Tanah Papua, terhadap Pemerintah, dan diharapkan tentunya dapat tercapai

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PAPUA TERKINI - LSM Papua Garis Keras (Pagaras) saat menyampaikan resolusi pihaknya untuk Tanah Papua dalam Tahun Baru 2022 mendatang, di Kota Jayapura Papua, Jumat (31/12/2021).  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menjelang berakhirnya tahun 2021, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Papua Garis Keras (Pagaras) menetapkan resolusi untuk Tanah Papua di tahun 2022 mendatang. 

Kepada Tribun-Papua.com Jumat (31/12/2021), Ketua LSM Pagaras, Herdy Ezra Wayoi mengatakan pihaknya telah merumuskan resolusi untuk Papua di tahun 2022. 

Akhir Tahun, Warga Sentani Papua Ramai Berbelanja di Pasar Pharaa Sentani

"Resolusi ini tentu sebagai harapan dan keinginan bagi Tanah Papua, terhadap Pemerintah, dan diharapkan tentunya dapat tercapai," katanya.

Pertama, LSM Pagaras mengharapkan Menko Polhukam, Mahfud MD agar bisa membongkar 10 kasus dugaan korupsi besar di Papua kepada publik, sesuai yang dijanjikan pada konferensi pers 19 Mei 2021 lalu. 

Selanjutnya LSM Pagaras memastikan Pemerintah, harus melaksanakan penegakan hukum terkait kasus tersebut.

Antisipasi Penyebaran Covid 19 di Malam Tahun Baru 2022, DPRP Minta Warga Papua Tetap Taat Prokes

Poin kedua sebagai resolusi untuk Tanah Papua, pihaknya meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk turun tangan dalam pembentukan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi, sesuai amanat Pasal 45 UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus). 

"Kepada bapak Presiden Jokowi, kami mengingatkan bahwa dalam dua dekade amanat undang-undang tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan," pintanya. 

Dengan adanya KKR, LSM Pagaras percaya bahwa isu pelanggaran HAM, yang selama ini menjadi akar konflik di Papua dapat diselesaikan dengan baik.

Jika Kalahkan Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020, Thailand akan Pecahkan 6 Rekor

Poin ketiga, LSM Pagaras mendorong Panglima TNI dan Kapolri untuk menjalankan pendekatan sosial dan kemasyarakatan, dalam menjalankan tugas di Provinsi Papua dan Papua Barat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved