Breaking News:

Info Merauke

Inilah Cara Pemuda Mappi Rayakan Tahun Baru 2022: Nyalakan 2.022 Lilin di Tugu Pepera Merauke

Kami sebagai orang Indonesia, orang Papua, anak Merauke pemuda Mappi merasa bahagia merayakan Tahun Baru 2022

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TAHUN BARU - Ratusan pemuda dan warga Kabupaten Mappi di Kabupaten Merauke Provinsi Papua menyalakan ribuan lilin di Tugu Pepera di Merauke dalam rangka perayaan Tahun Baru 2022. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Pemuda Kabupaten Mappi menyalakan sebanyak 2.022 obor lilin di tugu Pembebasan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua dalam rangka merayakan Tahun Baru 2022. 

Link Live Streaming Final AFF Timnas Indonesia Vs Thailand Malam Ini, Pantau Hasil Leg 2

Prediksi Final Piala AFF 2021 Timnas Indonesia Vs Thailand Leg 2: Tim Garuda Harus Balik Kedudukan

Pemuda Mappi yang juga penanggungjawab kegiatan, Dominikus Atonggar kepada Tribun-Papua.com mengatakan, lilin dinyalakan oleh 100 pemuda baik mahasiswa, sarjana maupun tokoh politik serta masyarakat Mappi yang tinggal di Kabupaten Merauke

“Kami sebagai orang Indonesia, orang Papua, anak Merauke pemuda Mappi merasa bahagia merayakan Tahun Baru 2022,” ujarnya.  

Viral Curhatan Penjual Bubur Jadi Korban Penggelapan Uang Pegadaian Motor, Ini Kronologinya

Lebih lanjut dia mengatakan, penyalaan lilin memiliki makna substansi yang melambangkan kebebasan, terang, bersih, dan bersinar. 

“Kami orang Mappi yang hidup diatas tanah ini turut menjaga ketertiban dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI,” terang Dominikus.

Viral Video Bahar Bin Smith Cekcok dengan Anggota TNI, Bawa Nama Jenderal TNI Dudung

Menurutnya, warga Mappi di Merauke akan menjaga demokrasi di Bumi Anim Ha. Diakuinya, ada oknum warga Mappi yang melakukan tindakan melecehkan harkat martabat manusia lainnya, sehingga kesan buruk berdampak kepada orang Mappi lainnya. 

“Kami orang Mappi sama dengan manusia lainnya. Kami punya cinta kasih. Harapannya, 2022 kami perbaiki masa lalu yang kelam dari saudara-suadara Mappi yang pernah melecehkan harkat martabat orang lain. Jadi penerang dan harus menjaga cinta kasih kepada sesama,” tandas Dominikus. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved