Breaking News:

Ekspor Pertanian

Nilai Ekspor Pertanian Rp 14,4 Trilun ke 124 Negara, Termasuk dari PLBN Skouw Papua

sebanyak 153,7 ton komoditas pertanian seperti vanili, kopi, kayu dan minyak sawit senilai Rp 1,8 Miliar ke berbagai negara tujuan seperti PNG, USA

Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
EKSPOR - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Kapolri Jenseral Listiyo Sigit melepas ekspor hasil pertanian ke berbagai negera. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kementerian Pertanian (Kementan) menutup tahun 2021 dengan menggelar Gebyar Ekspor Pertanian dari 34 provinsi yang volumenya mencapai 1,3 juta ton, senilai Rp 14,4 triliun ke 124 negara.

Link Live Streaming Final AFF Timnas Indonesia Vs Thailand Malam Ini, Pantau Hasil Leg 2

Prediksi Final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia Vs Thailand Leg 2: Tim Garuda Harus Balik Kedudukan

Kegiatan yang mengangkat tema "Ekspor Tangguh, Indonesia Tumbuh" ini dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman guna melepas ekspor sekaligus patroli laut gabung di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

"Menutup akhir tahun 2021 ini kita melakukan ekspor serentak dari 34 provinsi pintu ekspor secara live sebanyak 1,3 juta ton senilai Rp 14,4 triliun ke 124 negara tujuan ekspor,” kata SYL pada acara Gebyar Ekspor di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

Prakiraan Cuaca dan Gelombang Tinggi BMKG 27 Wilayah Besok, Minggu 2 Januari 2021: Cek Lokasi Papua

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan tersebut sekaligus membuktikan tidak ada daerah di Indonesia yang tidak melakukan ekspor. Tahun 2022 wujudkan ekspor 3 kali lipat dari yang sudah berjalan selama ini.

SYL menegaskan sektor pertanian dalam 2 tahun terakhir menjadi penyangga utama pertumbuhan ekonomi nasional. Pasalnya, berdasarkan data BPS, hanya PDB di sektor pertanian yang pertumbuhanya tumbuh positif pada triwulan II 2020 yakni 16,4 persen, sementara sektor lainnya mengalami kontraksi.

"Kemudian nilai ekspor pertanian Januari-Desember 2021 sebesar Rp 451,77 triliun naik 15,79 persen dibanding 2019 yang hanya Rp 390,19 triliun," ungkapnya.

Inilah Cara Pemuda Mappi Rayakan Tahun Baru 2022: Nyalakan 2.022 Lilin di Tugu Pepera Merauke

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi atas capaian prestasi Kementerian Pertanian (Kenentan) di bawah kepemimpinan Mentan SYL yang mampu menjadi sektor pertanian sebagai penyelamat pertumbuhan ekonomi nasional di masa sulit yakni pandemi Covid 19 hingga saat ini.

Terbukti, tutup tahun 2021 dapat melakukan gebyar ekspor dengan nilai ekspor Rp 14,4 triliun sehingga ini menjadi kinerja yang benar-benar terlihat dan tidak mudah untuk diwujudkan kalau tidak dengan kerja keras.

Sigit pun menegaskan Mentan SYL tak hanya berhasil meningkatkan nilai ekspor, namun juga mampu membuat surplus produksi beras sehingga terdapat stok beras hingga saat ini sebesar 9 juta ton.

Pengunjung Berdesak-desakan di Kuil India, 12 Orang Tewas dan Belasan Luka-luka

Menurutnya, ini tentunya prestasi yang luar biasa sebab dibuktikan oleh kepolisian di lapangan dengan melakukan pengecekan stok pangan setiap 3 bulan.

Sementara itu, Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura turut serta secara virtual bersama melepas ekspor komoditas pertanian berupa tepung terigu sebanyak 5 ton senilai Rp 50 juta melalui PLBN Skouw.

Pria yang Bunuh 5 Orang di OKU Ternyata Sehat secara Kejiwaan, Kini Terancam Hukuman Mati

Seremonial Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura, drh Muhlis Natsir, M.Kes Wakapolda Brigjen Pol Dr Eko Rudi Sudarto SIK, M.Si, Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM, beserta jajaran CIQS lainnya.

Total ekspor papua selama kurun waktu 2021 sebanyak 153,7 ton komoditas pertanian seperti vanili, kopi, kayu dan minyak sawit senilai Rp 1,8 Miliar ke berbagai negara tujuan seperti PNG, USA, Kepulauan Fiji, UK dan Tiongkok. 

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam sambutannya memberikan dorongan kepada para penguasaha ekspor untuk terus mengoptimalkan ekspor dan menemukan komoditas baru yang laku di pasar internasional. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved