Breaking News:

Info Papua

Wapres : Kesejahteraan dan Keamanan Adalah Kunci Pembangunan Papua

kunci utama dalam percepatan pembangunan Papua adalah kesejahteraan dan keamanan bagi masyarakat setempat.

(Dok. KIP/Setwapres)
Wakil Presiden Maruf Amin selaku ketua harian KNEKS dalam acara GIFA Award Advocay 2020 yang digelar secara virtual dari Islamabad, Pakistan, Senin (14/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUM-PAPUA.COM, JAYAPURA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan kunci utama dalam percepatan pembangunan Papua adalah kesejahteraan dan keamanan bagi masyarakat setempat.

“Kami ingin membangun Papua, membangun kesejahteraan Papua, Papua yang sejahtera dan aman. Itu dua hal yang tidak bisa dipisahkan,” kata dia dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wapres (Setwapres), Selasa (4/01/2022).

Baca juga: Harga BBM Menggila di Pedalam Papua, Masyarakat Teriaki Minta Respon Jokowi

Kata dia, untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Papua pemerintah pusat telah merancang rencana induk yang didasarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kami mendesain rencana induk percepatan pembangunan Papua, yang pandangan kami bahwa prospek Papua itu harus seperti ini; tapi kami juga mendengarkan keinginan orang-orang Papua seperti apa,” jelasnya.

Baca juga: Eksitensi KKB Pimpinan Egianus Meredup, Ini Penjelasan Kapolres Nduga

Menurut orang nomor 2 di republik Indonesia ini, menganalogikan perwujudan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan Papua tersebut seperti menggaruk di tempat yang gatal. Untuk dapat mengurangi gatal, maka harus diketahui lokasi penyebab gatal tersebut.

“Saya menyebutnya itu, karena kami ingin menggaruk sesuatu yang gatal. Itu kami harus tahu yang gatal di mana,” uajarnya.

Baca juga: Faktor Kesehatan Lukas Enembe, Pemerintah Pusat Didesak Menunjuk Pejabat Gubernur Papua

Oleh karena itu, kata dia, dalam mempercepat pembangunan di tanah Papua, Wapres menyebut pemerintah terus melakukan dialog dan berkomunikasi dengan masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Kami terus melakukan komunikasi dengan mereka, apa yang mereka butuhkan. Juga pendekatan keamanan, kami tidak ingin memerangi mereka, tetapi justru ingin melindungi masyarakat supaya tidak terganggu keamanannya,” tandasnya.

Baca juga: Kapolda Dorong 6 Kabupaten Transit di Papua Percepat Vaksinasi

Salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat pembangunan kesejahteraan bagi masyarakat di tanah Papua adalah terus berkomunikasi dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, dan akademisi.

Baca juga: 10 Kompi Brimob Nusantara Diterjunkan Polda Papua ke Yalimo, Ada Apa?

“Kami terus melakukan komunikasi dengan mereka. Apa yang mereka sebenarnya butuhkan. Ini yang sedang kami terus lakukan,” ujarnya.

Menurut Wapres, pemerintah terus berupaya membangun fasilitas pendidikan, kesehatan yang diperlukan, dan membangun infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Vaksinasi di Pedalam Papua Rendah

“Kemudian membangun balai-balai latihan, bagaimana pemberdayaan masyarakat di Papua, dan penanganan kemiskinan terutama yang ekstrem. Itu terus kita lakukan bersama dengan pemerintah daerah dan tokoh-tokoh nonpemerintahan,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved