Breaking News:

Tribun Militer

Letda Laut Mira Purti dan Andika Dewi Maknai HUT Kowal Sebagai Kesetaraan Gender

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps wanita TNI Angkatan Laut (AL) yang ke-59 tahun, 2 prajurit wanita memberikan makna khusus.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
SOSOK - Potret Letda Laut Mira Purti dan Andika Dewi saat ditanyai makna HUT Kowal bagi dirinya masing-masing, usai mengikuti perayaan HUT Kowal ke-59 di ruangan Aula Samudera Loka, Mako Lantamal X Jayapura Papua, Rabu (5/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps wanita TNI Angkatan Laut (AL) yang ke-59 tahun, 2 prajurit wanita memberikan makna khusus terkait perayaan tersebut.

Kepada Tribun-Papua.com Rabu (5/1/2022), Letda Laut (K/W) Andika Puspita Dewi dan Letda Laut (K/W) Mira Purti Marisa, mengatakan perayaan HUT Kowal ke-59 sangat berarti bagi dirinya.

"Bagi kami, makna perayaan HUT Kowal ke-59 tahun, ialah hari bersejarah di mana kami wanita Indonesia, diberik hak dan kewajiban yang sama serta setara, untuk bergabung di dunia kemiliteran," jelasnya keduanya.

Baca juga: HUT Kowal ke-59, Komandan Lantamal X Apresiasi Dedikasi Prajurit Kowal

Puspita menambahkan, eksistensi wanita Indonesia dalam hal inklusifitas di semua aspek, termasuk kemiliteran perlu dijunjung tinggi.

"Para kaum wanita itu punya dampak yang besar kepada masyarakat, bekerja dengan hati dan intuisi, serta berperan ganda menjadi ibu dan istri," katanya.

Dirinya juga mengharapkan, agar pada momen HUT Kowal ke-59 ini, semoga wanita TNI Angkatan Laut (AL) selalu berjaya di mana pun.

"Serta selalu mempererat persatuan, dan menunjukkan bahwa kita sebagai Korps Wanita TNI AL, mampu bersaing dan sejajar dengan para pria," tandasnya.

Sementara di lain sisi, rekannya Letda Laut Mira Putri mengungkapkan rasa bahagianya atas perayaan HUT Kowal ke-59.

Baca juga: HUT Kowal ke-59, Kasal: Kodrat Wanita Tak Menghalangi Pengabdian Bagi Bangsa

"Patut kita panjatkan puji syukur atas peringatan HUT Kowal yang ke-59 ini, tentu walaupun masih dalam masa Pandemi Covid-19, pastinya kesederhanaan dalam kekeluargaan itu yang terpenting," tambahnya.

Dirinya juga berpesan untuk generasi muda, teruslah berjuang dan bermimpi, bahwa para wanita juga dapat bergabung dalam militer dan terbuka kesempatan yang sama.

Baca juga: Sejarah Korps Wanita Angkata Laut, Pertama Bertugas 1 Mei 1963 di Hollandia (Jayapura)

"Untuk itu teruslah berjuang dan menggapai impian mu, jangan patah semangat dan tetap berprogres," pintanya.

Ssbelumnya diketahui, dalam memperingati hari jadi Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) ke-59, yang jatuh pada 5 Januari 2022, para peserta mengikuti upacara virtual di ruangan Aula Samudera Loka, Mako Lantamal X Jayapura Papua. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved