Breaking News:

Penyerangan Posramil Kisor

Pemindahan Sidang 6 Tersangka Penyerangan Posramil Kisor Maybrat Sesuai Fatwa MA

Dasar hukum terhadap pemindahan 6 tersangka yang diduga terlibat penyerangan yang menewaskan 4 prajurit TNI AD itu jelas karena ada fatwa dari MA.

Istimewa
Proses rekonstruksi kasus penyerangan di Posramil Kisor, Kampung Maybrat, Papua Barat.(Humas Polda Papua Barat) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pengadilan Negeri Sorong, Papua Barat, menyebutkan bahwa pemindahan sidang enam tersangka penyerangan Posramil Kisor, Kabupaten Maybrat ke PN Makassar, Sulawesi Selatan, sesuai dengan fatwa dari Mahkamah Agung (MA).

Hal itu disampaikan oleh Humas Pengadilan Negeri Sorong, Fransiscus Babthista di ruang Media Center PN Sorong, Kamis (6/1/2022).

Karena itu, Fransiscus Babthista mengatakan, dasar hukum terhadap pemindahan enam tersangka yang diduga terlibat penyerangan yang menewaskan empat prajurit TNI Angkatan Darat itu jelas karena ada fatwa dari MA.

Baca juga: Aktivitas Pemerintahan di Maybrat Papua Barat Menurun Pasca-penyerangan Posramil Kisor

Baca juga: 61 WNA Dideportasi dari Papua, Kemenkumham: Mulai dari PNG hingga Ukraina

Fransiscus Babthista menjelaskan, surat permohonan untuk memindah sidang enam tersangka itu diajukan oleh Kejaksaan Tinggi Papua Barat kepada Mahkamah Agung melalui Pengadilan Negeri Sorong.

"Karena itu surat dari penuntut umum dalam hal ini Kejaksaan Tinggi, kemudian kami memberikan pengantar untuk melanjutkan mengirim surat permohonan itu ke Mahkamah Agung. Setelah surat permohonan itu diterima MA maka keluar lah surat keputusan untuk menunjuk PN Makassar yang akan menyidangkan perkara tersebut," kata Fransiscus Babthista.

Baca juga: Hujan Mengguyur Kota Jayapura, Pasar Youtefa Abepura Tenggelam

Fransiscus Babthista menyebut sejumlah alasan terkait dengan pemindahan sidang itu seperti yang tertuang dalam surat dari Kejaksaan Tinggi.

Di antaranya adalah karena situasi keamanan dan ketertiban di Sorong. Selain itu, alasan pemindahan sidang itu juga untuk menjaga netralitas hakim, jaksa maupun saksi.

Sebelumnya, empat orang kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kaki Abu Sorong melakukan aksi protes di depan Pengadilan Negeri Sorong dan Kejaksaan Negeri Sorong di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sorong, Papua Barat pada Senin (3/1/2022).

Mengenakan toga, kuasa hukum enam tersangka itu berdiri di sebuah mobil pikap dan berorasi memprotes pemindahan lokasi sidang kliennya itu.

Baca juga: Papua Terendah Capaian Vaksinasi se-Indonesia, Kapolda: Karena Data Kependudukan Tidak Sesuai

Salah satu kuasa hukum, Leonardo Ijie mengatakan, aksi ini dilakukan agar proses peradilan dilakukan fair terbuka tanpa ada proses yang disembunyikan.

Leo menjelaskan, enam tersangka penyerangan Posramil Kisor sudah dipindahkan pada 29 Desember 2021 dan dititipkan di Polda Sulsel. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PN Sorong: Pemindahan Sidang 6 Tersangka Penyerangan Posramil Kisor Sesuai Fatwa MA

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved