Breaking News:

Banjir Jayapura

Banjir dan Longsor Kota Jayapura, 8 Meninggal Dunia dan 7.005 Orang Terdampak

Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Jayapura dan sekitarnya, berdampak terhadap 7.005 orang dan 8 orang meninggal dunia.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
AFDrone for Tribun-Papua.com
Tampak sejumlah daerah di Kota jayapura yang terendam akibat banjir yang melanda Kota Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Jayapura dan sekitarnya, berdampak terhadap 7.005 orang dan 8 orang meninggal dunia.

Hal itu diketahui, berdasarkan data terbaru yang diperoleh Tribun-Papua.com Senin (10/1/2022), dari Tim Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir, dan Tanah Longsor Kota Jayapura.

Secara rinci untuk lokasi Pasar Youtefa dan sekitarnya di Kelurahan Waymhorok Distrik Abepura, total warga terdampak banjir sebanyak 1.950 orang yang bermukim di RT 07 RW 06.

Baca juga: Merauke Zero Covid-19, Capaian Vaksinasi 83,84 Persen

Sementara itu, khusus di RT 05 RW 06 sebanyak 1.500 orang terkena dampak banjir.

Kemudian, total warga terdampak di wilayah sekitar Organda Distrik Heram sebanyak 1.708 orang.

Lalu, jumlah total warga yang terkena dampak banjir di komplek sekitar SMA Negeri 4 Jayapura dan Hotel Musi Distrik Jayapura Selatan sebanyak 1.847 orang.

Untuk bencana longsor, terkonsentrasi di Distrik Jayapura Utara dengan jumlah korban 7 orang, dan 2 lainnya mengalami luka berat.

BANJIR JAYAPURA - Distribusi paket makanan dari Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Kota Jayapura, di GOR Waringin Kotaraja Abepura, Senin (10/1/2022).
BANJIR JAYAPURA - Distribusi paket makanan dari Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Kota Jayapura, di GOR Waringin Kotaraja Abepura, Senin (10/1/2022). (Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara)

Meski demikan, Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi kepada Tribun-Papua.com mengatakan per Minggu (9/1/2022), jumlah warga terdampak bencana banjir dan longsor di Kota Jayapura, mengalami penambahan 400 orang.

Baca juga: Ramai Rumakiek: Timnas Adalah Harkat Dan Martabat Orang Indonesia

"Kemudian dari posko pengungsian yang ada, yakni di Mako Brimob Kotaraja, Balai Diklat Sosial, dan GOR Trikora, saat ini hanya tersisa pengungsi di GOR Trikora sebanyak 54 KK, yang terdiri dari 198 jiwa," jelas Irawadi.

Dikatakannya, pengungsi yang berada di GOR Trikora merupakan warga terdampak dari Perumahan Organda, yang hingga saat ini airnya belum surut.

Baca juga: Cara Isi Daftar Riwayat Hidup di Berkas Wajib CPNS 2021

Dalam kesempatan itu, Irawadi juga mengimbau agar semua bantuan dan distribusi akan terpusat pada Posko Induk yang ada di pelataran GOR Waringin Kotaraja.

"Memang untuk semua bantuan korban banjir dan longsor di Kota Jayapura, semuanya masuk ke Posko Induk GOR Waringin terlebih dulu, baru kemudian didistribusikan ke posko pembantu maupun posko pengungsi lainnya," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved