Breaking News:

Banjir Jayapura

Pascabanjir, Ini Imbauan Wali Kota Jayapura untuk Warga Kota

Pascabanjir melanda Kota Jayapura, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano memberikan imbauan kepada warga di ibu kota Provinsi Papua itu.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, memimpin aksi bersih-bersih tanggap darurat bencana banjir dan longsor Kota Jayapua, Papua, Senin (10/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pascabanjir melanda Kota Jayapura, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano memberikan imbauan kepada warga di ibu kota Provinsi Papua itu.

Kepada Tribun-Papua.com Rabu (12/1/2022), Benhur menyampaikan laporan dari BBMKG Wilayah V Jayapura, pada Bulan Januari ke depan terdapat hujan yang tinggi, disertai angin kencang juga petir.

"Untuk itu bagi warga Kota Jayapura harua berhati-hati, dengan adanya banjir disertai lumpur dan bencana longsor, jalan juga licin, kemudian yang tinggal di perbukitan ataupun lereng bukit, bantaran sungai, kita semua harus berhati-hati," jelasnya.

Baca juga: Luhut Klaim, Puncak Gelombang Omicron di Indonesia Awal Februari 2022

Kemudian, imbauannya bagi warga Kota Jayapura ialah jangan membuang sampah di sembarang tempat, seperti di kali atau sungai, kemudian jangan membangun di bantaran sungai.

"Sehingga barangkali adanya tumpukan sampah, kayu dan material lainnya ditambah dengan intensitas hujan yang deras, maka akan menyebabkan air meluap," sebutnya.

SAMPAH - Warga sekitar Pasar Youtefa Abepura merasa resah akibat tumpukan sampah pasca-banjir di Kota Jayapura. Warga tak nyaman lantaran sampah sudah mengeluarkan bau tak sedap.
SAMPAH - Warga sekitar Pasar Youtefa Abepura merasa resah akibat tumpukan sampah pasca-banjir di Kota Jayapura. Warga tak nyaman lantaran sampah sudah mengeluarkan bau tak sedap. (Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara)

Untuk itu, ia meminta kedisiplinan warga Kota Jayapura untuk lebih menjaga kebersihan perlu untuk ditingkatkan.

"Saya juga ingatkan untuk tidak menebang pohon sembarangan di wilayah Kota Jayapura, karena pohon itu punya fungsi untuk menahan banjir," ucapnya.

Dikatakan Benhur, dengan adanya kedisiplinan menjaga lingkungan atau alam, maka alam juga bersahabat dengan kita sebagai manusia.

Baca juga: Cerita Shin Tae-yong Minta Pemain Keturunan Indonesia Dinaturalisasi, Ditarget Juarai Bola ASEAN?

"Ada tempat-tempat yang menjadi langganan banjir, walaupun hujannya 1 sampai 2 jam itu pasti terendam air, itu terjadi dari tahun ke tahun seperti Organda dan Pasar Youtefa dan SMU 4, ini kita bisa menyalahkan siapa-siapa," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved