Breaking News:

PERSIPURA

Jawaban PSSI soal Nasib Todd Ferre Gabung ke Klub Eropa setelah Disanksi 12 Bulan: Boleh-boleh Saja

Pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre belum lama ini dikabarkan mendapat tawaran dari klub Eropa Bosnia-Herzegovia, FK Sloga Doboj.

Editor: Claudia Noventa
Dok Instagram @lampangfb
Todd Ferre berpeluang kembali main diluar negeri usai sempat membela Lampang FC di Liga Thailand. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemain Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre belum lama ini dikabarkan mendapat tawaran dari klub Eropa Bosnia-Herzegovia, FK Sloga Doboj.

Kabar ini juga telah dikonfirmasi agennya Alexander Talpes bahwa Todd Rivaldo Ferre memang diminati klub luar.

Klub FK Sloga Doboj yang berminat pada Todd Ferre itu merupakan klub yang bermain di First League of the Replubika Sprspka atau kasta kedua kompetisi di Bosnia-Herzegovia.

Namun, adanya kabar baik itu dibarengi dengan sesuatu yang kurang menyenangkan.

Baca juga: Jack Mania Gaungkan Tagar Depak Dwiki Arya seusai Persija Kalah dari Persipura, Ini Kata Official

Baca juga: 4 Fakta Laga Persija Vs Persipura Kemarin: Ada Aksi Salah Jersey hingga Kontroversi Wasit

Seperti diketahui, Todd Ferre memiliki catatan kurang bagus karena ia mendapatkan larangan bermain selama 12 bulan atau satu tahun.

Sanksi ini didapatkan Tood Ferre dari Komisi Disiplin PSSI setelah ia melakukan tindakan tidak terpuji terhadap perangkat pertandingan.

Hal itu terjadi saat Persipura melawan Bali United pada pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2021/2022 pada 5 November 2021.

Ketua Komisi Disiplin PSSI, Erwin Tobing pun angkat bicara terkait kabar Todd Ferre yang dikabarkan diminati klub luar.

Erwin Tobing mengatakan bahwa Todd Ferre memang mendapatkan sanksi larangan bermain di Liga Indonesia.

Menurutnya apabila Todd Ferre bermain di luar negeri tidak masalah.

Hanya saja PSSI menegaskan kedua pihak harus paham betul dengan aturan yang ada.

Jadi baik Persipura dan klub yang berminat yakni FK Sloga Doboj itu harus memenuhi aturan yang ada di International Transfer Certification (ITC).

“Itu bisa-bisa saja. Kan ada aturannya, pemain itu kan ada transfer antar klub beda negara. Kan pasti di situ ada satu ketentuan yang harus dipenuhi, yaitu International Transfer Certification (ITC),” ujar Erwin Tobing kepada BolaSport.com, Kamis (13/1/2022).

“Jadi kalau antar negara kan harus mempunyai itu, jadi boleh-boleh saja."

"Dari sertifikat itu nanti ada template pertanyaan apakah pemain tersebut sedang terkena sanksi dan klub itu akan menjawab,” ucapnya.

“Misal ini ya Brunei Darussalam berminat dan membeli pemain, itu kan mereka harus punya bukti ITC dan disitu akan ditulis semua apakah pemain punya masalah tidak di daerahnya.”

Baca juga: Alasan Alfredo Vera Belum Bisa Tenang meski Persipura Jayapura Keluar dari Zona Degradasi

Erwin Tobing menjelaskan apabila pemain yang mendapatkan pelanggaran di ranah kompetisi Indonesia bisa bermain di luar negeri.

Hanya saja memang harus sudah ada ITC tersebut dan pihak klub paham apa saja pelanggarna yang didapat dari pemain tersebut.

Sehingga nantinya, tim yang bersangkutan juga paham apa resiko yang diterima tim ke depannya karena di ITC itu juga akan ada penjelasan secara rinci.

“Itu sudah masuk dalam internasional dan itu diakui FIFA dan AFC. Tidak ada masalah asal terpenuhi sertifikat itu,” kata Erwin.

“Saya beri contoh, apabila Todd Ferre bermain di Brunei dan harus melawan Singapura, dan mereka tahu pemain tersebut bermasalah,  itu kan membuat mereka rugi. Jadi sertifikat itu tidak bisa macam-masam dan berbahaya.”

“Kalau di PSSI diminta untuk mengeluarkan sertifikat itu, PSSI akan  keluarkan betul bahwa yang bersangkutan kena sanksi 12 bulan tidak bisa beraktifitas di lingkungan persepakbolaan PSSI. Itu keputusan komisi disiplin memang harus dicantumkan.”

Namun, kalau akan bermain di luar negeri pastinya sudah masuk dalam ranah internasional dan bukan lagi dalam kompetisi nasional.

Baca juga: Jersey Riko Simanjuntak Tertukar saat Lawan Persipura Jayapura, Persija Jakarta Terancam Didenda

Jadi pada intinya Erwin menegaskan PSSI tak melarang Todd bermain di luar negeri.

“Itu ketentuan internasional bukan antara kita saja. Ya, mungkin klub sana tidak masalah karena kesalahannya hanya ini saja. Mau dimainkan di sana ya terserah mereka,” tuturnya.

“Jadi intinya main tidak main di sana itu bukan urusan kami (PSSI) lagi karena bukan ranah PSSI lagi tapi sudah internasional. Jadi kami tidak bisa protes karena bukan jatah kita.”

“Tapi saya ingatkan bahwa klub itu juga harus hati-hati dan tidak boleh sembarangan, kalau dia macam-macam kan juga harus dipikirkan.”

“Kalau mereka beli hanya untuk cadangan dan tidak dimainkan itu bukan urusan kami lagi yang penting ITC harus diturunkan.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Bolasport dengan judul Disanksi 12 Bulan, Ini Jawaban PSSI Terkait Nasib Todd Ferre Gabung ke Klub Eropa

Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved