Breaking News:

Tribun Militer

Kekosongan Jabatan Pangkostrad, Ini Kata Jenderal Andika Perkasa

Diangkatnya Jenderal Dudung Abdurachman sebagai KASAD oleh Presiden Joko Widodo membuat jabatan Pangkostrad belum terisi.

Editor: Roy Ratumakin
Tribunnews
Jenderal Andika Perkasa. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Diangkatnya Jenderal Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat jabatan Pangkostrad belum terisi.

Menyikapi hal tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perikasa mengatakan prosesnya dilakukan dua pekan kedepan.

“Proses Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) digelar sekitar dua pekan ke depan,” kata Jenderal Andika dikutip dari laman Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Willem Wandik Klaim Orang Papua Tak Nyaman Keberadaan Militer, Jenderal Andika: Tak Ada Peperangan

Dikatakan, agenda Wanjakti satu diantaranya adalah untuk menentukan sosok yang mengisi jabatan Panglima Komando Jabatan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

"Tinggal nunggu Wanjaktinya saja. Wanjakti itu dilakukan mungkin dalam seminggu, paling lama dua minggu dari sekarang," ujarnya.

Diketahui, hampir dua bulan jabatan Pangkostrad mengalami kekosongan.

Jenderal Andika mengatakan, pelaksanaan Wanjakti digelar setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan Wanjakti tidak menyita waktu.

Menurut Jenderal Andika, pengisian jabatan Pangkostrad hanya tinggal menunggu waktu seiring digelarnya proses Wanjakti.

Baca juga: HUT ke-71 Penerangan TNI-AD, Kodam XVII/Cenderawasih Sampaikan Pesan Ini

Di samping itu, Jenderal Andika menjelaskan, kekosongan posisi Pangkostrad bukan berarti tak membuat satuan tempur TNI AD itu tidak berfungsi.

"Semuanya kan sudah ada rantai komandonya, memang sudah disusun seperti itu. Kalau komandan berhalangan ada wakilnya, jadi semuanya tetap berfungsi," tegas dia. (*)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: Hampir 2 Bulan Jabatan Pangkostrad Kosong, Ini Penjelasan Panglima TNI

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved