Breaking News:

Covid19 di Papua

Omicron Masih Nihil di Papua, Ini Penjelasan Labkesda

Dalam waktu dekat, Labkesda Papua sebagai laboratorium pembina akan dikirimkan reagen khusus, yang dapat mendeteksi Omicron. 

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Ilustrasi: Virus Omicron varian baru dari Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sejak diumumkan telah masuk ke Indonesia, hingga saat ini varian terbaru Covid-19, yakni Omicron belum terdeteksi di Provinsi Papua

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Papua, Selly Ajawaila kepada Tribun-Papua.com Kamis (13/1/2022).  

"Hingga saat ini memang belum terdeteksi adanya varian Omicron di Provinsi Papua, karena untuk pemeriksaan Omicron ini agak sedikit berbeda dari Delta, karena jenis virusnya terjadi suatu perubahan variasi," jelasnya. 

Baca juga: Begini Kata Panglima Andika soal Mayjen Untung Eks Tim Mawar Jabat Pangdam Jaya dan Jadi Polemik

Baca juga: Sejarah Baru, Perempuan Masuk Kepengurusan PBNU di Tangan Yahya Staquf

Hanya, Selly mengatakan yang dibutuhkan saat ini untuk proses pemeriksaan ialah peralatan khusus, dan tidak semua alat bisa mendeteksinya. 

"Screening yang dibutuhkan untuk pendeteksian Omicron ialah membutuhkan alat atau PCR yang mempunyai channel khusus, jadi saat ini Litbangkes pusat masih dalam pendataan semuan alat di laboratorium pembina termasuk kami di Labkesda Papua," papar Selly. 

Kondisi Labkesda Papua saat ini dalam pendeteksian Covid-19.

Pihaknya memiliki dua alat, satu di antaranya memiliki channel yang diminta untuk dapat screening Omicron. 

"Jadi mereka (Litbaklngkes Pusat) meminta harus ada 6 channel khusus, sedangkan yang 1 alat itu lengkap tetapi yang satunya lagi hanya punya 4 channel mendeteksi virus tetapi tidak bisa masuk dalam menscreening Omicron," katanya. 

Namun untuk Delta, secara umum pihaknya pernah melakukan pendeteksian, sehingga dalam proses pemeriksaan tentu tidak ada perbedaan, baik pada peralatan maupun reagen yang akan digunakan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved