Breaking News:

Kabar Polda Papua

Proses Perdamaianan Perang Saudara di Kabupaten Jayawijaya Dijaga Ketat

Penyelesaian konflik perang saudara di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua dijaga ketat oleh pihak TNI-Polri.

Editor: Roy Ratumakin
Humas Polda Papua
Penyelesaian konflik perang saudara di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua dijaga ketat oleh pihakTNI-Polri. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Penyelesaian konflik perang saudara di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua dijaga ketat oleh pihak TNI-Polri.

Penyelesaian konflik dengan jalur perdamaian dilakukan pada Rabu (12/1/2022) antara kelompok suku Nduga dan suku Lanny Jaya.

Hadir dalam proses perdamaian tersebut diantaranya Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, Nduga, Kabupaten Lanny Jaya, Polres Jayawijaya, Kodim 1702/Jayawijaya, dan Batalyon Infanteri 756/WMS.

Baca juga: Willem Wandik Klaim Orang Papua Tak Nyaman Keberadaan Militer, Jenderal Andika: Tak Ada Peperangan

Penyelesaian masalah diawali dengan rapat koordinasi bersama oleh Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Nduga dan Kabupaten Lanny Jaya dengan unsur TNI-Polri bertempat di Gedung Otonom Wenehule Huby, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Selanjutnya Forkopimda Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Nduga dan Kabupaten Lanny Jaya melakukan pertemuan dengan pihak keluarga korban di rumah duka Kampung Elekma, Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya dengan dikawal oleh TNI-Polri.

Dari hasil pertemuan tersebut kedua belah pihak yang bertikai sepakat untuk berdamai dan direncanakan, hari ini, Kamis (13/1/2022) dilakukan upacara perdamaian di Lapangan Sinapuk, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Baca juga: Ricky Ham Pagawak: Minta Perang Saudara di Wamena Segera Dihentikan

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan dalam penyelesaian perang saudara tersebut pihaknya melibatkan pemerintah daerah, tokoh Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

“Kami dari aparat keamanan hanya mengawal jalannya proses perdamaian ini berjalan dengan lancer,” kata Kamal dalam rilis yang diterima Tribun-Papua.com, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Dipicu Kasus Pembunuhan, Dua Kelompok di Wamena Perang Suku

Kamal pun menghimbau kepada kedua kelompok yang bertikai agar menahan diri dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Mari kita menyongsong tahun yang baru ini dengan damai dan bersama menciptakan situasi kamtibmas aman dan damai,” ajak Kamal. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved