Breaking News:

Donasi Buku KG Group

Dorong Pemulihan Sekolah Pasca-bencana di Sulbar, Kompas Gramedia Donasikan Buku Bacaan

Bantuan buku ini merupakan hibah dari #AkuBaca–Gerakan Literasi Nusantara, sebuah program kontribusi sosial Kompas Gramedia (KG) di bidang Pendidikan.

Tribun-Papua.com/Istimewa
DONASI BUKU - Kompas Gramedia (KG) melalui Yayasan Dana Kemanusiaan (DKK) kembali menyalurkan bantuan buku untuk mendukung pendidikan pasca-bencana bagi SDN 04 Mekkata, Sulawesi Barat, pada pada Selasa (11/01/22). 

TRIBUN-PAPUA.COM – Kompas Gramedia (KG) melalui Yayasan Dana Kemanusiaan (DKK) kembali menyalurkan bantuan buku untuk mendukung pendidikan di Tanah Air.

Kali ini, sebanyak 12 kardus buku disalurkan bagi SDN 04 Mekkata, Sulawesi Barat, pada pada Selasa (11/01/22).

Ketua FKD KG Makassar F X Sumaryoto menyampaikan, bantuan buku ini merupakan hibah dari #AkuBaca – Gerakan Literasi Nusantara, salah satu program kontribusi sosial Kompas Gramedia (KG) di bidang Pendidikan.

Baca juga: Korea Utara Dorong Warga Membuat Pupuk dari Kotoran Sendiri, Krisis Pangan?

Baca juga: Todd Ferre Gabung ke Klub Eropa setelah Disanksi 12 Bulan, PSSI: Boleh Saja, Tapi Ada Rekam Jejak

Buku-buku yang didonasikan antara lain buku pendukung pembelajaran, buku motivasi, buku novel, buku cerita bergambar, dan buku lainnya yang sesuai dengan segmentasi usia pelajar sekolah dasar.

Donasi buku dikirimkan melalui layanan ekspedisi KGX dikoordinir oleh Forum Komunikasi Daerah (FKD) KG wilayah Makassar.

Bantuan buku telah diterima oleh Kepala SDN 04 Mekkata dan selanjutnya dimanfaatkan sebagai koleksi buku perpustakaan sekolah guna meningkatkan intensitas membaca buku di sekolah.

Siswa-siswi SDN 04 Mekkata menyambut gembira buku-buku tersebut.

“Harapan saya melalui bantuan buku #AkuBaca akan menambah semangat bagi adik-adik di SDN 04 Mekkata, serta bisa meningkatkan literasi di level sekolah dasar di Mekatta,” ujar F X Sumaryoto, dalam rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Jumat (14/1/2022).

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN-04 Mekkata, Nasaruddin, megucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan itu.

“Sekolah berharap semua warga sekolah baik guru maupun siswa dapat mengedepankan upaya meningkatkan literasi dengan membaca buku setiap waktu," ujarnya.

"Untuk sementara buku yang sempat kami buka adalah buku bacaan agama, dan siswa kami sangat antusias membaca buku tersebut.”

Baca juga: Musda KNPI Batal Digelar di Wamena Papua, Ini Penyebabnya

Bantuan buku #AkuBaca yang disalurkan oleh DKK turut dijadikan pihak sekolah sebagai indicator pendukung dalam penilaian SDN-04 Mekkata terkait persiapan kegiatan pembelajaran tatap muka 100 persen.

Penilaian tersebut akan dilakukan oleh tim monitoring kabupaten secara eksklusif ke SDN 04 Mekkata.

Sebelumnya, DKK telah membantu rehabilitasi dan rekonstruksi gedung SDN 04 Mekkata yang rusak akibat bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (15/01/2021) dengan menyalurkan donasi dari Pembaca Harian Kompas.

Perbaikan fasilitas SDN-04 Mekkatta didasari hasil peninjauan lokasi-lokasi bangunan sekolah yang rusak akibat gempa.

DKK juga turut menerjunkan tim teknis untuk memverifikasi bangunan-bangunan sekolah yang rusak, didampingi oleh Dinas Pendidikan dari Kabupaten Majene dan Mamuju. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved