Breaking News:

Banjir Jayapura

Mensos Risma Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sehat Bagi Korban Banjir Sentani 2019

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini telah meletakan batu pertama, untuk pembangunan rumah sehat bagi korban banjir Sentani 2019 lalu.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
KUNKER MENSOS RI - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sehat dan fasilitas umum lainnya, bagi 76 KK di Kawasan Doyo Baru, Sentani Kabupaten Jayapura Papua, Jumat (14/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini telah meletakan batu pertama, untuk pembangunan rumah sehat bagi korban banjir Sentani 2019 lalu.

Kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com di Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (14/1/2022), Mensos Risma mengatakan pembangunan rumah sehat tersebut, diperuntukkan bagi 76 Kepala Keluarga (KK), yang terdampak banjir bandang Sentani 2019 lalu.

Baca juga: Sambangi Tokoh Agama dan Kepala Suku, Kapolres Mamra: Ini Bentuk Silahturahmi

"Ini kan kita pernah janji, dan memang nama-nama 76 KK ini tidak terdata waktu itu, sehingga ini mereka sudah dipastikan tempat hunian akan dibangun di sini (Doyo Baru)," jelasnya.

Dikatakan Risma, proses administrasi pertanahan sudah selesai, dan pihaknya memulai proses pembangunan rumah sehat tersebut.

"Sesuai jadwal kita akan serahkan itu tanggal 17 Agustus 2022, mudah-mudahan bisa lebih cepat, agar mereka bisa tempati rumah yang layak, karena mereka telah 3 tahun berada di pengungsian," kata Risma.

Pihaknya berharap, proses pembangunan bisa lebih cepat, supaya pada saat 17 Agustus, tepat pada momen HUT RI, akan dilaksanakan serah terima dan akan dilaksanakan upacara bendera di komplek perumahan tersebut.

"Tapi saya mungkin tidak bisa ikuti nanti upacara benderanya di sini, karena harus berada di Jakarta," celutuk mantan Wali Kota Surabaya itu, dengan diikuti ekspresi tertawa oleh masyarakat yang hadir.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 5 SD: Pelajari Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

Pihaknya berharap, dengan dibuatkan rumah sehat itu, kehidupan masyarakat pasca terjadinya banjir bandang Sentani, bisa menjadi lebih baik.

"Nanti kita coba fasilitasi bagaimana agar supaya mereka bisa mengakses ekonomi, mendapat pekerjaan yang layak," sebutnya.

Selain membangun rumah sehat, Kemensos juga membangun fasilitas umum lainnya untuk menunjang rumah sehat tersebut.

Baca juga: Yustinus Pae Gabung Latihan Persipura, Bento Madubun Beri Sambutan: Datang Kakak Senior

Lebih jauh, berdasarkan penelusuran Tribun-Papua.com pembangunan rumah sehat tersebut dibangun di atas tanah yang telah memenuhi unsur perizinan.

Dari bagan informasi, terlihat rumah sehat itu berukuran tipe 36 (couple/2 unit).

Sekadar diketahui, pembangunan rumah sehat dan fasilitas umum bagi 76 KK terdampak banjir itu, bekerjasama dengan Koperasi Papua Alom Tujuh Enam. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved