Breaking News:

Papua Barat Terkini

Pemkot Sorong Wajibkan Aplikasi PeduliLindungi di Mal dan Tempat Hiburan

Kapolres AKBP Ary Nyoto Setiawan menjelaskan, penerapan aplikasi ini untuk memastikan orang yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut sudah divaksin.

Tribun-Papua.com/Safwan Ashari Raharusun
Suasana di depan Taman Sorong City, Kota Sorong, Papua Barat. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Kota Sorong, Papua Barat, bakal mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat-tempat umum seperti hotel, mal, dan tempat hiburan.

Penerapan aplikasi PeduliLindungi akan mulai berlaku pada 17 Januari mendatang. 

Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi antara Polres Sorong Kota dan BPBD Kota Sorong dengan pengelola hotel, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan, di kantor wali kota Sorong, pada Kamis (13/1/2022). 

Baca juga: Jokowi Kantongi 4 Nama Calon Kepala Otorita IKN Baru, Tokoh Papua Ini Layangkan Kritik Keras

Baca juga: Korea Utara Dorong Warga Membuat Pupuk dari Kotoran Sendiri, Krisis Pangan?

Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan menjelaskan, penerapan aplikasi ini untuk memastikan orang yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut sudah divaksin.

Pasalnya, capaian vaksinasi di Kota Sorong masih minim, yakni sekitar 58 persen dari target minimal 70 persen agar tercipta herd Immunity atau kekebalan kelompok.

Penerapan aplikasi PeduliLindungi ini telah tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Sorong Nomor 443/189 yang dikeluarkan pada 6 Desember 2021. 

"Berpijak dari surat edaran wali kota, di poin keempat, jika tidak menerapkan aplikasi ini maka ada surat teguran secara lisan, tertulis, hingga sanksi pencabutan izin," kata Ary, Kamis. 

Menurut Ary, penerapan aplikasi ini juga mesti disosialisasikan agar warga memahami untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut harus sudah divaksin.

Baca juga: Musda KNPI Batal Digelar di Wamena Papua, Ini Penyebabnya

Dengan demikian, warga akan mendatangi gerai vaksin dan mampu meningkatkan capaian vaksinasi di Kota Sorong

"Pemahaman juga harus diubah. Jangan bahasanya berkurang pendapatan karena orang kurang berbelanja, bahkan menginap (karena pakai PeduliLindungi). Itu harus diubah," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Percepat Capaian Vaksinasi, Pemkot Sorong Wajibkan Aplikasi PeduliLindungi di Mal dan Tempat Hiburan"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved