Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG: Hujan Lebat Hanya Terjadi di Beberapa Wilayah Papua hingga 17 Januari

Berikut prospek cuaca tiga hari ke depan, sejak 15 hingga 17 Januari 2022 di wilayah Papua yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat

BMKG
BMKG - Prospek cuaca tiga hari ke depan, sejak 15 hingga 17 Januari 2022. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura menyatakan hujan lebat hanya terjadi di beberapa wilayah Papua, bukan seluruhnya.

Hal ini untuk merespon rilis prakiraan cuaca yang diumumkan BMKG Pusat di Jakarta, terkait peringatan adanya potensi hujan sedang hingga lebat di Papua secara umum pada tanggal 14 hingga 17 Januari 2022.

"Perlu dipahami bahwa ketika BMKG pusat merilis peringatan dini level provinsi, tidak berarti bahwa seluruh wilayah provinsi Papua akan mengalami hujan lebat secara merata," ujar Koordinator Data dan Informasi BMKG Wilayah V Jayapura, Ezri Ronsumbre lewat rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Komnas HAM Dikritik Soal Herry Wirawan, MPR: Hukuman Mati Bukti Negara Serius Berantas Kekerasan

Baca juga: Wanita di Sulbar Hamil hingga Melahirkan, Ternyata Korban Sang Ayah

BMKG wilayah V merupakan koordinator informasi cuaca publik tingkat provinsi Papua, "sehingga tugas dari BBMKG wilayah V adalah membuat turunan prediksi tersebut pada level Kabupaten Kota di Papua."

Ronsumbre menjelaskan, wilayah administrasi provinsi Papua sangat luas dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia.

Sehingga gangguan atmosfer yang umumnya disebabkan hujan lebat secara umum berpengaruh pada beberapa wilayah kabupaten atau kota yang lokasinya berdekatan.

"Untuk itu, masyarakat  dan stakeholder terkait diharapkan tetap waspada namun perlu mengetahui detail informasi wilayah kabupaten kota mana saja di Papua yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berdasarkan informasi yang dirilis oleh BBMKG wilayah V Jayapura," pesannya.

Baca juga: BEM Uncen: Ada Skenario Jahat Jakarta Menyulitkan Victor Yeimo Bebas

Berikut prospek cuaca tiga hari ke depan, sejak 15 hingga 17 Januari 2022 di wilayah Papua yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat;

15 Januari 2022 : Umumnya Cerah Berawan hingga Berawan namun berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Nabire, Waropen, Mamberamo Raya, Sarmi, Sebagian besar pegunungan tengah Papua, Boven Digul, Mappi dan Merauke pada siang dan malam hari

16 Januari 2022 : Umumnya Cerah Berawan hingga Berawan namun berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Biak, Kepulauan Yapen, Nabire, Waropen, Mamberamo Raya, Sarmi, Kota dan Kabupaten Jayapura, Sebagian besar pegunungan tengah Papua, Boven Digul, Mappi dan Merauke pada siang dan malam hari.

17 Januari 2022 : Umumnya Berawan hingga Hujan Ringan namun berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Yapen, Nabire, Waropen, Mamberamo Raya, Sarmi, Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom, Sebagian besar pegunungan tengah Papua, Timika, Asmat, Boven Digul dan Mappi pada siang, malam dan dini hari. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved