Papua Barat Terkini

5 Nelayan Pembawa Bom Ikan ke Raja Ampat Papua Barat Terancam 20 Tahun Bui

Para tersangka ini mengaku membuat bom ikan sudah sejak lama. Mereka terancam dikenakan hukuman 20 tahun penjara hingga hukuman mati.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
4 Tersangka dan Barang Bukti Bom Ikan Diamankan Polisi(Maichel KOMPAS.com) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polariud) Polda Papua Barat menangkap lima nelayan yang membawa puluhan botol bom ikan di Perairan Sorong, Papua Barat, pada Sabtu (15/1/2022).

Penangkapan lima nelayan itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIT saat perahu longboat yang ditumpangi lima tersangka antara Pulau Buaya dan Pulau Soop, Distrik Sorong Kepulauan dengan tujuan Misol Raja Ampat.

Personil Polairud yang sedang melakukan patroli kemudian memeriksa dan menemukan puluhan botol yang berisi bahan peledak di dalam ember.

Baca juga: Operasi Damai Cartenz Sasar OAP, LBH Papua: Jangan Berbau Rasis

Ditpolairud Polda Papua Barat Kombes Pol Budy Utomo mengatakan, para pelaku pemilik bom ikan ikan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Kelima orang itu berinisial LU, T, S, K, dan KLA.

"Saat ditangkap kelima tersangka ini tidak melakukan perlawanan," ujar Budy kepada wartaan, melansir Kompas.com, Selasa (18/1/2022). 

Budy menuturkan, penangkapan tersebut berdasarkan sumber informasi di lapangan bahwa ada beberapa kelompok yang akan melakukan bom ikan dari wilayah Sorong menuju Raja Ampat.

Barang bukti yang berhasil disita polisi yakni satu buah kapal tanpa nama, mesin Yamaha 40 PK dua buah, bom ikan sebanyak 35 botol, dua pack korek api dan sebuah kompresor.

Baca juga: Lamek Taplo Pimpin KKB Serang Pos Polisi di Kiwirok Papua, Bharatu Bachtiar Terluka

Menurut Budy, alat-alat yang berhasil diamankan itu digunakan untuk membuat bom ikan.

Para tersangka ini mengaku membuat bom ikan sudah sejak lama.

Mereka terancam dikenakan hukuman 20 tahun penjara hingga hukuman mati. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawa Puluhan Bom Ikan ke Raja Ampat, 5 Nelayan Ditangkap di Perairan Sorong

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved