Pendidikan

Stafsus Billy Mambarasar Bagikan Ilmu Bisnis kepada Ratusan Peserta Seminar Polinef

Rangkaian kegiatan acara "Polinef  dari FakFak Papua Barat untuk Indonesia" telah dimulai pada pagi tadi

Editor: Musa Abubar
Istimewa
Suasana Seminar Kewirausahaan Polinef 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA -Rangkaian kegiatan acara "Polinef  dari FakFak Papua Barat untuk Indonesia" telah dimulai pada pagi tadi. Acara yang dijadwalkan akan berlangsung selama sepekan tersebut, dibuka dengan Seminar Kewirausahaan pada Selasa18 Januari 2022.

Tercatat sekitar seratus orang secara langsung menghadiri seminar yang diselenggarakan dari Gedung Auditorium Polinef. Sejumlah tokoh penting pun ikut mengisi menjadi narasumber. Pada sambutan yang disampaikan oleh Direktur Polinef Bapak Muhammad Subhan, ini adalah seminar nasional pertama yang dilakukan oleh Polinef pada tahun 2022 ini.

Baca juga: Motif Ibu Buang Bayi yang Baru Dilahirkannya di Sawah Dibantu Ibu, Ngaku Malu Lahiran Jelang Nikah

"Saya sangat senang sekali melihat antusias dari para peserta yang telah hadir dalam acara pagi ini. Terima kasih saya sampaikan kepada para narasumber yang telah terbang dari kota masing-masing ke FakFak dan meluangkan waktunya untuk mengisi seminar pertama di tahun 2022 ini," Ungkap Bapak Muhammad Subhan dalam pidatonya.

Dijelaskan pula dalam sambutan Direktur Polinef, bahwa Kegiatan hari ini merupakan rangkaian acara dari Launcing Inkubator Bisnis Teknologi dan Peresmian Gedung Baru Ketahanan Pala yang diharapkan dapat menjadi penghubung antara para UMKM dan Polinef serta menjadi wadah bagi masyarakat untuk  berdiskusi terkait kewirausahaan.

Baca juga: Doddy Sudrajat Tiba-tiba Datang ke Rumah Faisal, Marissya Ica: Digrebek, Pastinya Kaget

Polinef menghadirkan para pembicara yang mahir dalam bidang kewirausahaan. Dua tokoh penting di antaranya adalah  Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar dan Kepala Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) Universitas Teuku Umar (UTU), Aceh Bapak Said Ahmad Kabiru Rafiie yang tampil pada materi talkshow pertama tentang jiwa kewirausahaan bersama Bapak Arga Ramadhana, Dosen dan juga sekaligus Ketua IBT Polinef.

Bersama Tim Baper Staf Khusus putera asli Papua tersebut sudah tiba sejak hari Senin 17 dan terjadwal akan mengikuti rangkaian kegiatan sampai akhir. Selain memberikan apresiasi kepada Polinef, dalam sesi talkshow Billy Mambrasar juga berbagi pengalaman dalam bidang kewirausahaan juga termasuk usaha yang sedang dijalankannya.

Baca juga: Update Covid-19 di Papua dan Papua Barat, Selasa 18 Januari 2022: Total Kasus 58.169

"Saya juga aktif dalam kegiatan kewirausahaan yang saya mulai dari tempat kelahiran saya. Dari kecil saya sudah diajarkan jualan kue oleh mama saya. Usaha tidak selalu berjalan mulus, bahkan di awal saya juga pernah gagal. Tapi saya tetap semangat dan berinovasi. Itu juga yang saya harapkan dengan mahasiswa Polinef untuk bisa memanfaatkan waktu mereka dengan melakukan kegiatan yang dapat menghasilakan," jelas putera asli Papua tersebut.

Kepala IBT Universitas Teuku Umar Bapak Said Ahmad Kabiru Rafiie menyatakan kesiapan IBT UTU untuk berkolaborasi dengan segala pihak termasuk Politeknik yang berada di wilayah timur Indonesia ini.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Paskah yang Cocok Dikirim ke Facebook, Instagram, Twitter, hingga WhatsApp

"Ekosistem kewirausahaan dikalangan mahasiswa harus ditumbuhkan karena masih tinggi nya pengangguran terpelajar di Indonesia, angka persentase kewirausahaan di Indonesia juga masih rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga dikawasan ASEAN. Untuk itu Inkubator bisnis dan Teknologi hadir sebagai jembatan untuk mengfasilitasi ide ide bisnis mahasiswa menjadi realita," Ujar Kepala IBT UTU yang berada di wilayah paling barat Indonesia.

Untuk diketahui, Staf Khusus Billy Mambrasar merupakan pembina Inkubator Teknologi Bisnis Universitas Teuku Umar sejak tahun 2019 yang juga akan membina Inkubator Bisnis Teknologi.

Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4: Apa yang Dimaksud ‘Dunia Tanpa Batas?

Seminar dilanjutkan dengan materi talkshow kedua yaitu memaksimalkan Potensi lokal Kabupaten FakFak yang diisi oleh Co-founder Kitong Indonesia & COO Mooi Papua Khoirun Nisa Mumpuni dan Koordinator Wilayah Papua Muda Inspiratif Mamta Elia Musa Ranwar.

"Kami ucapkan syukur Seminar Kewirausahaan hari ini berjalan dengan lancar dan disambut secara antusias oleh para peserta dan juga diskusi luar biasa dari para narasumber. Kami juga tidak sabar untuk rangkaian acara utama, yaitu;  Launching IBT Polinef, Peresmian Gedung Laboratorium Ketahanan Pala dan Festival UMKM yang akan digelar Rabu besok," Ungkap Ketua IBT Polinef Bapak Arga Ramadhana dalam rilis yang diterima.

Baca juga: Klasemen Sementara Liga 1 2021 setelah Persipura Jayapura Imbang Lawan Persija Jakarta

Gerakan kolaboratif muda dan mudi Papua Muda Inspiratif yang mempunyai dengan untuk mensejahterahkan Tanah Papua turut mendukung penuh rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Politeknik Negeri FakFak ini yang selaras dengan misi gerakan mereka yaitu untuk bersatu, bersinergi dan berkarya dengan berbagai lembaga.

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved