KKB Papua

Jenderal Andika Perkasa: Polemik Kemanan di Papua-Papua Barat Selamanya Jadi Masalah Bagi TNI

Dua provinsi paling timur Indonesia selalu bergejolak soal kemanan. Hal ini tidak lain adalah ulah dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Editor: Roy Ratumakin
KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tengah memberi keterangan pers kepada wartawan di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Papua, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dua provinsi paling timur Indonesia selalu bergejolak soal kemanan. Hal ini tidak lain adalah ulah dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Akibat polemi keamanan tersebut, khususnya penyerangan yang dilakukan KKB pastinya menjadi persoalan yang selamanya dihadapi pihak aparat keamanan dalam hal ini TNI.

Hal ini ditegaskan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam paparan awalnya dalam rapat bersama Komisi I di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Tunjuk 5 Pangdam Baru Termasuk Kodam XVII/Cenderawasih

"Untuk Papua dan Papua Barat seperti halnya yang saya sampaikan saat fit and proper test. Masalah ini adalah masalah yang menurut saya akan kita hadapi selamanya," kata Jenderal Andika, dikutip dari laman Kompas.com.

Dikatakan, penyelesaian masalah di Papua dan Papua Barat berhubungan erat dengan cara pemikiran yang sangat dinamis.

“Perlu ada strategi penanganan jangka panjang untuk menyelesaikan masalah di Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

"Ini harus juga dihadapi dengan strategi yang lebih sustainable atau yang lebih yang bisa dilakukan dalam jangka panjang," sambungnya.

Baca juga: Pendekatan ala Jenderal Andika Perkasa Tak Berlaku di Maybrat, KKB Kembali Berulah

Dalam kesempatan itu, Jenderal Andika menyampaikan bahwa secara umum ada beberapa perubahan yang dilakukannya dalam rangka menghadapi dinamika di Papua dan Papua Barat.

Satu diantaranya adalah dengan mengembalikan tugas atau operasi yang ada di Papua dan Papua Barat.

"Dengan mengembalikan tugas-tugas atau operasi yang ada di Papua dan Papua Barat menjadi bagian dari tugas-tugas dan operasi satuan organik seperti halnya yang dilakukan di provinsi lain maupun pulau lain," tukasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Panglima Andika Sebut Polemik di Papua-Papua Barat Akan Jadi Masalah yang Selamanya Dihadapi TNI

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved