KKB Papua

Konflik Keamanan di Papua-Papua Barat, Ini Kata Jenderal Andika Perkasa

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa angkat bicara soal konflik keamanan yang berkepanjangan di Papua dan Papua Barat.

Editor: Roy Ratumakin
KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tengah memberi keterangan pers kepada wartawan di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Papua, Rabu (1/12/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa angkat bicara soal konflik keamanan yang berkepanjangan di Papua dan Papua Barat.

Diketahui, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di dua provinsi tersebut hingga kini masih terus menerus malakukan aksi terornya.

Akibatnya tak sedikit warga sipil maupun aparat kemanan menjadi korban dari kelompok tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: PSU Pilkada Yalimo Papua Digelar Hari Ini

"Untuk Papua dan Papua Barat seperti halnya yang saya sampaikan saat fit and proper test. Masalah ini adalah masalah yang menurut saya akan kita hadapi selamanya," ujar Jenderal Andika belum lama ini.

Menurut mantan KSAD TNI AD tersebut, penyelesaian masalah di Papua dan Papua Barat berhubungan erat dengan cara pemikiran yang sangat dinamis.

"Ini harus juga dihadapi dengan strategi yang lebih sustainable atau yang lebih yang bisa dilakukan dalam jangka panjang," ujarnya.

Jenderal Andika menyampaikan bahwa secara umum ada beberapa perubahan yang dilakukannya dalam rangka menghadapi dinamika di Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Deteksi Titik Bencana, Pemprov Papua Launcing Aplikasi Simdip

Satu diantaranya adalah dengan mengembalikan tugas atau operasi yang ada di Papua dan Papua Barat.

Dengan mengembalikan tugas-tugas atau operasi yang ada di Papua dan Papua Barat menjadi bagian dari tugas-tugas dan operasi satuan organik seperti halnya yang dilakukan di provinsi lain maupun pulau lain," kata Andika. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved