Papua Corner

BREAKING NEWS: Jubir Covid Papua Anjurkan Pembelajaran Tatap Muka Dihentikan

Pemberhentian PTM dinilai tepat untuk mencegah penyebaran virus corona varian Omicron di lingkungan sekolah.

Tribun-Papua.com/Tangkapan Layar
Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule menganjurkan agar pembelajaran tatap muka (PTM) dihentikan sementara, menyusul masuknya Covid-19 varian Omicron di dua daerah; Kota Jayapura dan Kabupaten Jayawijaya. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule menganjurkan agar pembelajaran tatap muka (PTM) dihentikan sementara, menyusul masuknya Covid-19 varian Omicron di dua daerah; Kota Jayapura dan Kabupaten Jayawijaya.

"(Pemberhentian tatap muka) adalah langkah erdas yang dilakukan oleh pihak sekolah. Keselamatan anak didik adalah hukum yang tertinggi," ujar Silawanus dalam bincang Papua Corner bersama Tribun-Papua.com, Senin (7/2/2022) sore.

Baca juga: Gejala Omicron dan Langkah Pencegahannya

Keputusan tersebut juga dinilai tepat untuk mencegah penyebaran virus corona varian Omicron di lingkungan sekolah.

Silwanus menjelaskan, Omicron kini sudah masuk wilayah Kota Jayapura.

Karenanya, langkah Wali Kota Benhur Tomi Mano dinilai tepat menginstruksikan penghentian sementara proses belajar tatap muka, dan dialihkan belajar dari rumah secara daring.

Ia berharap, proses belajar tatap muka nantinya digelar kembali setelah kasus Covid-19 menurun hingga nol.

Ia juga menganjurkan masyarakat di Papua lebih ketat menerapkan protokol kesehatan dnegan cara mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca juga: 324 Anak di Indonesia Terpapar Varian Omicron Meski Sudah Divaksinasi Lengkap

"Hingga nantinya pandemi Covid-19 ini beralih jadi endemi, seperti flu biasa," ujar Silwanus, seraya menjelaskan masa peralihan pada beberapa negara di luar negeri di mana aktivitas warganya berjalan seperti biasa.

Pada Sabtu (5/1/2022), Kementerian Kesehatan mengumumkan ada tiga kasus Omicron di Papua

Dua kasus berada di Kota Jayapura, dan satu lainnya di Kabupaten Jayawijaya

Adapun pasien yang terpapar di Kota Jayapura adalah transmisi lokal.

"Kalau yang di Jayawijaya, itu baru saja menjalani perjalanan dari luar negeri via Jawa Timur dengan pesawat," kata Silwanus.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengumumkan pembelajaran tatap muka (PTM) dihentikan sementara di wilayahnya, menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang tembus hingga seratusan.

Baca juga: BTM: Dua Suspek Omicron di Kota Jayapura Telah Dinyatakan Sembuh

Kebijakan belajar daring atau online dari rumah diberlakukan di Kota Jayapura, sejak Februari ini.

Pemberlakuan belajar daring juga berdasarkan Inmendagri 7/2022, yang menetapkan status Kota Jayapura masuk PPKM Level 3 pengendalian Covid-19.

"Semuanya kembali belajar online dari rumah pada Februari ini. Pembelajaran secara daring dilakukan di tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP di Kota Jayapura,” ujar Benhur usai rapat bersama Satgas Covid-19 di kantornya, pada Rabu (2/2/2022). (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved