Covid 19 Papua

934 Pasien Covid Kota Jayapura Jalani Perawatan, Kadinkes: Warga Perketat Prokes

Kadis Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengimbau masyarakat untuk terus disiplin dan meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehehatan.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin terhadap prokes, dalam masa Pandemi Covid-19, Senin (14/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Jayapura mencatat sebanyak 934 pasien Covid-19 di wilayahnya menjalani perawatan, setelah dinyatakan positif Corona. 

Hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan per Minggu (13/2/2022).

Merespon hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengimbau masyarakat untuk terus disiplin dan meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Baca juga: Omicron Mengganas, Pemkot Jayapura Fokus Percepatan Vaksinasi Covid-19

"Kami tetap mengimbau masyarakat, khususnya warga Kota Jayapura untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, terlebih Omicron telah dideteksi ada di sekitar kita," ujarnya kepada Tribun-Papua.com, Senin (14/2/2022).

Masyarakat diminta lebih peduli terkait 3M, yakni Mencuci tangan, Memakai makser, dan Menjaga jarak.

"Terutama saat berada di fasilitas publik, pusat-pusat keramaian, seperti mall, pasar, terminal, dan sebagainya," imbau Ni Nyoman.

Dia juga menyebutkan, kasus kumulatif positif Covid-19 hingga Minggu 13 Februari 2022, tercatat 14.042 orang.

"Untuk isolasi paaien dengan gejala ringan, maupun sedang dipusatkan pada LPMP Papua, sebagai isolasi terpusat," katanya.

Baca juga: Warga Pasar Youtefa Masih Abaikan Prokes, Kasus Covid-19 Makin Banyak di Kota Jayapura

Ni Nyoman mengakui, sejak awal pandemi Covid-19, tempat isolasi terpusat LPMP Kotaraja masih kurang diminati masyarakat khususnya pasien Covid-19.

"Masyarakat saat ini, saya pikir telah aware atau peduli, jadi biasa kalau anggota keluarganya ada yang positif, langsung mereka proaktif periksa sendiri," jelasnya.

Wanita berkacamata itu juga mengimbau, bagi masyarakat yang reaktif maupun positif agar segera melapor ke puskesmas ataupun layanan kesehatan terdekat, supaya cepat ditangani dan mendapatkan perawatan.

Baca juga: 40 Kasus Omicron di Papua, Silwanus Sumule: Ayo Vaksinasi Booster dan Jaga Prokes Ketat

Sekadar diketahui, berdasarkan hasil pemeriksaan Whole Genomic Sequencing (WGS) Sarscov-2, tertanggal 9 Februari 2022 yang diperiksa pada Litbangkes Papua.

Telah terkonfirmasi dari 40 sampel yang layak diperiksa, terdapat 33 sampel positif Omicron di Kota Jayapura. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved