Mencari Pengganti Klemen Tinal

Kenius Kogoya Populer di Bursa Wagub Papua ala LSI, Apa Kabar Komjen Paulus Waterpauw?

Kenius Kogoya Populer di survei LSI soal Calon Wagub Papua. Paulus Waterpauw masih enggan berkomentar atas dukungan dari DPP Golkar terhadap dirinya.

Istimewa
Kabaintelkam Mabes Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Nama Kenius Kogoya lebih populer dalam hasil survei calon pengganti Wakil Gubernur Papua yang dilakukan Laboratorium Suara Indonesia (LSI), dengan 34,8 persen suara dari 1226 responden.

Menurut survei LSI, tingginya keterpilihan Kenius Kogoya sebanyak 34,8 persen lantaran dia masih muda, berpengalaman dan putra asli Papua.

"Nama Ketua DPD Hanura dan juga menjabat sebagai Sekretaris umum KONI Papua Kenius Kogoya menjadi pilihan yang terbanyak untuk menduduki posisi Wagub Papua, dan dipilih sebanyak 34,8 persen," ujar Direktur Eksekutive LSI Albertus Dino dalam keterangannya, pada Senin (31/1/22). 

Baca juga: Kenius Kogoya Populer dalam Survei Calon Pendamping Lukas Enembe, LSI: Muda dan Berpengalaman

LSI  juga menyebut, 73,7 persen warga Papua menginginkan sosok Wakil Gubernur pengganti almarhum Klemen Tinal, adalah berasal dari kalangan sipil.

Sementara, bukan kalangan sipil atau kalangan pensiunan anggota Polri/TNI sebanyak 4,7 persen.

"Kenius Kogoya itu masih muda, punya banyak pengalaman, dan asli Papua. Sementara tokoh-tokoh yang lain, ada juga  yang dari Papua Barat," lanjut Albertus.

Figur ini, menyusul penelitian LSI dengan jajak Suara di Papua, dengan metode survei kepada masyarakat Papua yang menjadi responden.

Tujuannya, menangkap preferensi dan suara masyarakat tentang sosok Wakil Gubernur Papua yang paling diharapkan

PENGGANTI KLEMEN TINAL - Ketua DPD Partai Hanura Kenius Kogoya menyatakan diri siap duduki kursi Wakil Gubernur Papua, sepeninggalan Klemen Tinal. Hal ini diungkapkan di Kota Jayapura, Jumat (2/7/2021).
PENGGANTI KLEMEN TINAL - Ketua DPD Partai Hanura Kenius Kogoya menyatakan diri siap duduki kursi Wakil Gubernur Papua, sepeninggalan Klemen Tinal. Hal ini diungkapkan di Kota Jayapura, Jumat (2/7/2021). (Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari)

Adapun hasil survei LSI terkait preferensi Masyarakat Papua diumumkan menyusi permintaan memilih nama-nama paling tepat dan sangat membantu Gubernur Lukas Enembe untuk menduduki posisi jabatan Wakil Gubernur. 

Terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin berujar, kursi Wakil Gubernur Papua jangan dibiarkan kosong, tetapi harus segera diisi.

Hal itu sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga: Survei LSI: 73,7 Persen Warga Papua Inginkan Wagub dari Kalangan Sipil, Kenius Kogoya Populer

"Jangan biarkan kursi Wagub Papua kosong. Karena bagaimanapun, Gubernur butuh wakilnya tuk menjalankan tugas yang sangat berat di Papua," kata Ujang, melansir wartaekonomi.co.id, Senin (31/1/22).

Menurut Ujang, apabila putra daerah yang terbaik dan bisa berbicara dalam bingaki NKRI, maka bisa diusulkan.

"Terpenting mampu bersama-sama Gubernur untuk bangun Papua," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved