Pemekaran Papua

Asal Usul Nabire, Prioritas Ibu Kota Papua Tengah?

Kabupaten Nabire adalah satu di antara kabupaten yang berada di provinsi Papua, Indonesia, yang berbatasan dengan provinsi Papua Barat.

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
TANGKAPAN LAYAR - Kabupaten Nabire, Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kabupaten Nabire adalah satu di antara kabupaten yang berada di provinsi Papua, Indonesia, yang berbatasan dengan provinsi Papua Barat.

Ibu kota kabupaten ini terletak di punggung pulau papua, yakni distrik Nabire. Jumlah penduduk Kabupaten Nabire berjumlah 172.960 jiwa (2021).

Sebelum mengulas sejarah singkat Kabupaten Nabire maka terlebih dahulu disampaikan uraian secara singkat tentang asal usul dan arti Nabire dari beberapa sumber atau versi.

Baca juga: Apakah Papua Layak Dimekarkan? UU 7 Provinsi Telah Disahkan DPR RI

Uraian mengenai cerita asal-usul dan arti Nabire ini bukanlah untuk dipertentangkan tetapi merupakan wacana untuk dibahas secara bersama, sehingga nantinya bisa diketahui asal-usul dan arti Nabire yang sebenarnya.

Dikutip dari laman wikipedia, ada tiga versi dari Suku Wate, Suku Yerisiam, dan Suku Hegure soal asal usul atau arti dari Nabire.

Versi Suku Wate

Berdasarkan cerita dari Suku Wate, bahwa kata Nabire berasal dari kata “Nawi” pada zaman dahulu dipertimbangkan dengan kondisi alam Nabire pada saat itu yang banyak terdapat binatang jangkrik, terutama disepanjang kali Nabire.

Lama kelamaan kata “Nawi” mengalami perubahan penyebutan menjadi Nawire dan akhirnya menjadi Nabire.

Suku Wate yang terdiri dari suku yaitu Waray, Nomei, Raiki, Tawamoni dan Wali yang menggunakan satu bahasa terdiri dari enam kampung dan tiga distrik.

Pada tahun 1958, Konstein Waray yang menjabat sebagai Kepala Kampung Oyehe menyerahkan tempat atau lokasi kepada Pemerintah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved