Pemekaran Papua

BREAKING NEWS: Tiga Bupati Sepakat Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah 

Maka itu kepala daerah di wilayah adat Meepago bersepakat, apabila terjadi pemekaran, Kabupaten Nabire harus menjadi ibu kotanya. 

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Bupati Nabire Mesak Magai, Bupati Paniai Meki Fritz Nawipa, dan Bupati Puncak Jaya Dr Y Wonda, saat memberikan pernyataan, soal kesepakatan Nabire menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah, di Suni Hotel and Convention Abepura, Selasa (15/2/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tiga pemimpin daerah di wilayah adat Meepago sepakat menjadikan Kabupaten Nabire sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah, apabila nantinya resmi dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). 

Ketiga bupati yang bersepakat tersebut ialah Bupati Nabire Mesak Magai, Bupati Paniai Meki Fritz Nawipa, dan Bupati Puncak Jaya Dr Yuni Wonda.

Dalam keterangan persnya kepada awak media, termasuk Tribun-Papua.com, di Suni Hotel and Convention Abepura, Kota Jayapura, Selasa (15/2/2022), ketiganya mengungkapkan kesepakatan bersama.

Baca juga: Nabire Harus Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah, Bupati Mesak Magai: No Kompromi

"Isu ataupun kabar Pemekaran Provinsi Papua Tengah itu kan sudah lama, dan sesuai UU No 45 tahun 1999 tentang Pemekaran Papua, itu ada Provinsi Papua dengan ibu kota Jayapura, Provinsi Papua Barat beribu kota di Manokwari, dan Papua Tengah," jelas Meki. 

Menurutnya, hanya Provinsi Papua Tengah yang ibu kotanya belum ditentukan.

Maka itu kepala daerah di wilayah adat Meepago bersepakat, apabila terjadi pemekaran, Kabupaten Nabire harus menjadi ibu kotanya. 

"Selain karena alasan Undang-undang tersebut, Kabupaten Nabire juga sebagai Kota Induk, untuk daerah sekitarnya, yakni Deiyai, Intan Jaya, Puncak Jaya, dan Paniai," sebutnya. 

Ditanya soal perkembangan proses Provinsi Papua Tengah menuju DOB, Meki mengatakan, telah dilakukan proses kajian oleh UGM, dan tinggal menunggu proses di DPR RI. 

Baca juga: Bupati Puncak Jaya Papua, Yuni Wonda Dukung Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

"Kita berpikir saat ini bagaimana Provinsi Papua Tengah dengan ibu kota Nabire, dibandingkan Timika yang sebagai kota industri dan awalnya merupakan pemekaran dari wilayah Fakfak," tuturnya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved