Bisnis

Bank Mulai Rambah Metaverse, Mahfud MD Bersuara

Menanggapi fenomena tersebut, Mahfud MD meminta PJK untuk menyikapi perkembangan teknologi informasi secara bijaksana.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
MAHFUD MD - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD hadiri diskusi yang bertajuk Saresehan Kebangsaan, di Four Points Hotel, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Teknologi informasi industri jasa keuangan tengah berkembang secara pesat selama beberapa tahun terakhir.

Ini terefleksikan dengan semakin beragamnya teknologi informasi yang dimanfaatkan oleh penyedia jasa keuangan (PJK).

Dalam operasionalnya, PJK saat ini telah memanfaatkan berbagai platform atau sistem yang canggih.

Baca juga: Transaksi QRIS Terus Meningkat, Bank Indonesia Jajaki Kerja Sama QRIS Antar Negara

Bahkan, beberapa waktu lalu dua bank raksasa nasional telah mengumumkan rencananya untuk merambah kanal Metaverse.

"Perkembangan teknolgi yang saat ini digunakan oleh PJK semakin pesat. Di antaranya penggunaan financial tenchnology, kemudian artificial inteligence, aset virtual, bahkan ada PJK bank yang telah mempublikasikan penggunaan Metaverse," tutur Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, dalam webinar yang diinisasi OJK, Rabu (23/2/2022).

Menanggapi fenomena tersebut, Mahfud MD meminta PJK untuk menyikapi perkembangan teknologi informasi secara bijaksana.

Dalam implementasinya, PJK juga harus berpedoman pada dokumen Financial Action Task Force (FATF), terkait perkemabgan dan risiko tantangan teknologi baru.

"Perkembangan teknologi informasi ini harus disikapi PJK secara bijaksana," katanya.

Ia mendorong PJK untuk mampu mengidentifikasi dan mengkaji risiko tindak pidana pencucian uang (TPPU) serta tindak pidana pendanaan terorisme (TPPT), sehubungan dengan perkembangan produk baru dan penggunaan teknologi baru.

Baca juga: Metaverse adalah Masa Depan Perbankan

"FATF sendiri telah mendefinisikan teknologi baru itu adalah proses, metode dan kemampuan inovatif yang digunakan dengan tetap mematuhi program APU-PPT (anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme)," ucap Mahfud.

Sebagai informasi, dua bank pelat merah yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sudah mengumumkan rencana ekspansi ke dunia Metaverse.

Kedua bank tersebut senada menyatakan pengembangan Metaverse dilakukan untuk menawarkan pengalaman baru kepada nasabah, dengan menghadirkan berbagai layanan perbankan yang bisa diraskan dalam dunia virtual. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bank Mulai Rambah Metaverse, Mahfud MD: Ini Harus Disikapi Secara Bijaksana "

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved