Internasional

KBRI dan Kemlu Kontak 138 WNI di Ukraina, Begini Kondisi Mereka Saat Ini

Melalui whatsapp grup, kami mendapat informasi WNI di Ukraina masih dalam kondisi yang aman

AFP/ARIS MESSINIS
Seorang pria berjalan di jalan ketika asap hitam mengepul dari bandara militer di Chuguyev dekat Kharkiv. Kamis (24 Februari 2022). Serangan terjadi usai Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina hari ini dengan ledakan terdengar segera setelah di seluruh negeri dan menteri luar negerinya memperingatkan a "invasi skala penuh" sedang berlangsung. (Foto oleh Aris Messinis/AFP) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Meletusnya perang antara Rusia dan Ukraina tentunya bisa berdampak pula bagi Warga Negara Indonesia (WNI), khususnya di Ukraina.

Diketahui, Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha mengatakan Kemlu dan KBRI Kyiv telah menjalin kontak dengan para 138 WNI di Ukraina.

Mayoritas WNI ada di Kota Kyiv dan Odessa dan beberapa lainnya tersebar di kota lainnya.

 “Melalui whatsapp grup, kami mendapat informasi WNI di Ukraina masih dalam kondisi yang aman, mereka tetap tenang,” kata Judha pada konferensi pers hari Kamis.

Baca juga: Potensi Terburuk WNI Jadi Korban Perang Rusia dan Ukraina, PSI: Pemerintah RI Segera Evakuasi!

Baca juga: UPDATE: Militer Ukraina Tembak Jatuh 5 Pesawat Rusia

 “Sesuai dengan rencana kontijensi, kami telah meminta WNI berkumpul ke KBRI yang ada di Kyiv, sedangkan bagi WNI yang kesulitan agar segera menghubungi nomor hotline darurat,” lanjutnya.

Pemerintah lewat Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) telah meminta warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Ukraina berkumpul di KBRI Kyiv sehubungan dengan keadaan darurat yang terjadi di negara tersebut.

Judha mengatakan KBRI telah mengambil langkah yang diperlukan untuk menyelamatkan WNI di Ukraina sesuai rencana kontijensi yang telah disiapkan.

Dalam hal ini, Kemlu dan KBRI Kyiv juga bekerja sama dengan perwakilan RI terdekat, yakni KBRI Warsawa hingga KBRI Moskow untuk menyusun rencana kontijensi dan memberikan perlindungan kepada WNI. (*)

Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved