Tribun Militer

Jenderal Andika Perkasa soal Penyaluran Dana Dukungan Operasi: Langsung ke Rekening Prajurit

Jenderal Andika Perkasa menegaskan dana dukungan operasi yang melibatkan pihak TNI akan ditransfer langsung ke masing-masing rekening prajurit.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memantau langsung latihan 450 Pasukan Satgas Yonif R 301/PKS yang akan Dikirim ke Papua. (Dispenad) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberikan perintah tegas terkait penyaluran Dana Dukungan Operasi untuk prajurit TNI.

Jenderal Andika Perkasa menegaskan dana dukungan operasi yang melibatkan pihak TNI akan ditransfer langsung ke masing-masing rekening prajurit yang bertugas di lapangan.

"Semua operasi yang melibatkan kami, itu dukungannya nanti dijatuhkan ke Mabes TNI, dan langsung disalurkan ke rekening prajurit yang bertugas," kata Jenderal Andika Perkasa melalui kanal YouTube-nya, terkait anggaran dan pelibatan unsur TNI dalam Satuan Tugas (Satgas)

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Dikabarkan Positif Covid-19, Berikut Profil Panglima

Dalam pertemuan antara Jenderal Andika Perkasa dengan Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayor Jenderal TNI Fajar Setyawan, Panglima menerima laporan detail dana dukungan yang diberikan BNPB kepada TNI.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tersebut juga mengingatkan Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin agar tidak ada permasalahan di lapangan terutama dalam hal pembayaran hak para prajurit yang bertugas dalam penanganan COVID-19.

Selain itu, ia menambahkan dana dukungan perorangan bagi prajurit yang bertugas tidak juga boleh melewati komando daerah militer (kodam).

Hal tersebut sama seperti yang diterapkan pada prajurit yang bertugas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan serbuan vaksinasi.

>>>Berikut video selengkapnya

Di video lain, Jenderal Andika Perkasa juga memberikan perintah terkait dana reimbursement atau pembayaran kembali untuk para pasukan Garuda.

Melansir dari tayangan di channel youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, Jenderal Andika Perkasa menyetujui seluruh pengajuan dana reimbursement dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) untuk satuan tugas Kontingen Garuda di beberapa negara, seperti Libanon dan Kongo.

Baca juga: Pesan Jenderal Andika Perkasa Bagi Prajurit yang Bertugas di Papua: Tidak Usah Macam-macam

“Saya setujui semua detail dana reimbursement dari PBB. untuk dukungan PBB selanjutnya, saya harus mengetahui lalu pastikan apa saja dan berapa yang diberikan,” kata Jenderal Andika Perkasa.

Pernyataan tersebut ia sampaikan sebagai tanggapan atas pemaparan tentang dana reimbursement yang disampaikan oleh Asisten Logistik Panglima TNI Marsda TNI Sujatmiko, Asisten Komunikasi dan Elektronik Laksda TNI Atok Dushanto, dan Kepala Pusat Keuangan TNI Marsda TNI Danang Hadiwibowo.

“Untuk yang sampai dengan November ya harus kita dukung, tapi mulai November ke sini ya tunggu dulu. Saya harus buat kebijakan baru dulu,” ucap dia.

Jenderal Andika menyampaikan bahwa seluruh pengajuan disetujui karena itu merupakan hak seluruh satuan tugas (satgas) dan kebijakan pemimpin sebelumnya.

Halaman
123
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved