Destinasi Wisata Papua

Pesona TWA Teluk Youtefa di Jayapura, Punya Puluhan Jenis Mangrove

Hutan Mangrove perempuan, seperti namanya, areal mangrove tersebut difungsikan secara adat, hanya boleh kaum wanita yang beraktivitas di dalamnya

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
WISATA DI PAPUA - Potret lanskap Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Youtefa di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura Papua, Minggu (6/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Mengunjungi Kota Jayapura di Provinsi Papua, tak hanya soal gemerlapnya hiruk pikuk perkotaannya yang padat, tetapi juga objek wisata yang beragam.

Satu di antaranya Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Youtefa di Distrik Jayapura Selatan, yang merupakan kawasan konservasi.

BUKIT JOKOWI: Destinasi Wisata di Jayapura dan Presiden Joko Widodo

TWA Teluk Youtefa merupakan kawasan konservasi yang memiliki panorama alam yang memanjakan mata, dan dilengkapi garis pantai yang luas, vegetasi hutan mangrove, hutan dataran rendah, serta keindahan dasar lautnya.

Kawasan TWA Teluk Youtefa memiliki luas 1.675 Hektar, yang meliputi wilayah administratif Kampung Tobati, hingga Enggros di Distrik Jayapura Selatan.

Sebagai destinasi wisata alam di daerah konservasi, Teluk Youtefa memiliki sejumlah daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Keterlibatan Masyarakat Kota Jayapura Sangat Dibutuhkan Kembangkan Destinasi Wisata

Kawasan ini memiliki hutan bakau sepanjang 200 meter dari garis pantai. Berdasarkan penelusuran Tribun-Papua.com Minggu (6/3/2022), pohon bakau yang tumbuh di TWA Teluk Youtefa, dapat mencapai ukuran 7 hingga 12 meter, dengan didominasi jenis Rhizophora sp dan Avicennia.

Saat ini, wisatawan dapat menjangkau hutan Mangrove tersebut dari dermaga Kampung Tobati, yang terletak bersebelahan Pantai Hamadi.

Selain itu, pengunjung juga dapat mencapainya dengan menelusuri Kali Hanyaan Entrop, atau dapat diakses dari Rumah Bakau Jayapura.

Hotel Jadi Tujuan Wisata di Papua, Mugi Harjo: Destinasi Kita Kembangkan Bersama

Saat ini, Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pariwisata Kota Jayapura juga tengah mengembangkan kawasan ekowisata Mangrove di pesisir Kampung Tobati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved