Papua Terkini

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,9 Mengguncang Jayawijaya Papua

Pada Jumat, 11 Maret 2022 pukul 16.09 WIT, wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua diguncang gempa bumi tektonik

Editor: Musa Abubar
ABCnews.
Ilustrasi gempa. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Pada Jumat, 11 Maret 2022 pukul 16.09 WIT, wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua diguncang gempa bumi tektonik.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura Hendro Nugroho mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,9.

Baca juga: Minta Pemerintah Komunikasikan Pemekaran Papua dengan Bijak, DPD RI: Harus Ada Dialog Komprehensif

Menurut dia, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,73 Lintang Selatan dan 138,66 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 34 km Barat Laut Jayawijaya Provinsi Papua pada kedalaman 21 kilo meter.

Dia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata dia, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas Lajur Anjak Pegunungan Tengah.

Baca juga: Bocah 11 Tahun Mengungsi Sendirian dari Ukraina ke Slovakia, Berbekal Nomor Telepon Kerabat

Hendro menyebut guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Wamena dengan intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami,"kata Hendro Nugroho melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com,Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Masih Ingat Kak Seto? Ternyata Psikolog Anak Itu Pengagum Bung Karno, Sampai Tiru Tanda Tangannya

Hingga pukul 16.55 WIT, kata dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Diduga Bunuh 8 Pekerja PTT, Ini Sosok Aibon Kogoya, Anggota KKB Asal Nduga Anak Buah Nau Waker

Lanjut dia, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,"ujarnya.

Baca juga: Kecewa dengan Keputusan Komdis PSSI, Pelatih Persipura Jayapura: Itu Tidak Fair

Ia memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved