Punya Berat 3 Ton, Patung Jokowi Naik Motor di Sirkuit Mandalika Disebut Bisa Tahan Ratusan Tahun

Patung presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor kini terpasang di sebelah kanan pintu masuk sirkuit Mandalika, Minggu (13/3/2022).

(KOMPAS.COM/IDHAM KHALID)
Patung presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor kini terpasang di sebelah kanan pintu masuk sirkuit Mandalika, Minggu (13/3/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Patung presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor kini terpasang di sebelah kanan pintu masuk sirkuit Mandalika, Minggu (13/3/2022).

Memiliki berat 3 ton, patung tersebut iangkat menggunakan mobile crane untuk diletakkan di pijakan.

Patung Jokowi naik motor tersebut dibuat menggunakan perunggu dan kuningan.

Juru Bicara seniman yang membuat patung, Djuki Ridwan menyebutkan, patung tersebut dibuat hingga 3 minggu.

Baca juga: Presiden Jokowi Bakal Adu Balap dengan Semua Rider MotoGP di Lombok

"Bahannya dari perunggu dan kuningan, strukturnya pakai stensil, berat kurang lebih 3 ton, lama pengerjaan sih nunggu 2 sampai 3 minggu," kata Djuki usai pemasangan patung.

Dikatakan Djuki, patung tersebut bisa anti karat dan dapat bertahan sampai ratusan tahun.

"Anti karat, kalau dari pengalaman- pengalaman kita dari perunggu ini, dahulu zaman kerajaan Majapahit, bisa ratusan tahun bertahan," kata Djuki.

Selama proses pengangkutan hingga proses pemasangan, pihaknya tidak memiliki kendala yang terlalu banyak, dan dipastikan Minggu proses akan pemasang akan terselesaikan hanya sehari.

Baca juga: Ini Makna Patung Speed Presiden Jokowi Karya Nyoman Nuarta di Sirkuit Mandalika

Sementara itu, pemasangan patung Jokowi tersebut dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah.

Dalam kesempatan tersebut, Zulkieflimansyah menyebutkan, akan banyak wisatawan yang berfoto di Patung Jokowi seperti di beberapa tempat lain.

"Ini nantinya akan digunakan untuk foto-foto, kalau di bandara Pak Jokowi pakai sepeda atau motor aja banyak yang foto, saya kira di sini lebih ramai lagi," kata Zul, sapaan akrab gubernur.

Zul menyebutkan, kawasan Mandalika tidak hanya digunakan untuk event MotoGP, namun juga akan ada sport event besar lainnya di KEK Mandalika seperti World Superbike  (WSBK) Indonesia Asian Talent Cup (IATC).

Baca juga: Sejumlah Pembalab Dunia Mengeluh, Sirkuit Mandalika Dinilai Tak Sesuai Spesifikasi

"Rencana pemerintah ke depan nanti akan dikembangkan bukan hanya untuk sirkuit tapi kegiatan untuk otomotif," kata Zul.

Sebelumnya, patung Presiden Jokowi menaiki sepeda motor dibuat oleh Nyoman Nuarta, seorang seniman pematung senior asal Tabanan Bali yang telah menorehkan banyak prestasi dan karya.

Dalam proses pengerjaan Nyoman dibantu dengan  20 orang pekerja.

Adapun material patung tersebut terbuat dari bahan tembaga dan kuningan, mempunya ukurannya 670 x 185 x 390 sentimeter. (*)

Berita lainnya terkait Sirkuit Mandalika

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Patung Jokowi Naik Motor di Sirkuit Mandalika Anti Karat dan Bisa Bertahan Ratusan Tahun

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved