Papua Terkini

Kabar Duka, Pahlawan Basket Asal Papua Jacklien Ibo Tutup Usia

Kepergian legenda basket Indonesia itu meninggalkan duka mendalam bagi dunia olahraga basket tanah air.

instagram.com/jeckliniboo
Legenda basket Indonesia asal Papua, Jacklien Ibo, saat berlaga SEA Games 2015. Jacklien meninggal dunia pada Kamis (17/3/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA- Papua dan Indonesia baru saja kehilangan putri terbaiknya.

Jacklien Ibo, pebasket putri terbaik Indonesia asal Papua, telah menghembuskan napas terakhirnya, Kamis (17/3/2022).

Kepergian legenda basket Indonesia itu meninggalkan duka mendalam bagi dunia olahraga basket tanah air.

Bahkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengaku sangat terpukul dengan kepergian atlet kebanggaan Papua dan Indonesia itu.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas meninggalnya pahlawan basket Indonesia, Jacklien Ibo,” tulis Erick melalui akun Instagramnya.

“Saya tidak menyangka pertemuan ini, akan menjadi pertemuan terakhir dengan Jacklien. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima segala amal dan mengampuni segala dosanya serta keluarga sabar dan ikhlas. Selamat jalan, Jacklien,” sambungnya.

Dijenguk Erick Thohir

Sebelumnya, Jacklien diketahui menderita sakit radang paru-paru dan menjalani perawatan di rumahnya, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Mendengar itu, Erick Thohir langsung menjenguk Jacklien Ibo di rumahnya di Desa Hobong, kawasan danau Sentani, Minggu (3/9/2021) malam.

Erick yang juga mantan Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) itu menjamin pengobatan dan menyemangati mantan pebasket putri nasional kelahiran Sentani 25 November 1990 itu, agar bersedia dirawat di rumah sakit sehingga sembuh dari penyakit radang paru-paru.

Hanya dengan dirawat secara total dan berada dalam observasi dokter spesialis, maka peraih medali perak cabang bola basket putri di SEA Games 2015 itu akan pulih kembali.

Menteri BUMN Erick Thohir jamin pengobatan dan menyemangati mantan pebasket putri nasional asal Papua, Jacklien Ibo agar bersedia dirawat di rumah sakit sehingga sembuh dari penyakit radang paru-paru.
Menteri BUMN Erick Thohir jamin pengobatan dan menyemangati mantan pebasket putri nasional asal Papua, Jacklien Ibo agar bersedia dirawat di rumah sakit sehingga sembuh dari penyakit radang paru-paru. (Istimewa)

Sudah setahun lebih MVP (most valuable players) pertama di Women’s National Basketball League (WNBL) pada 2012 itu menderita sakit paru-paru sehingga berat badannya turun drastis.

“Saat ke rumah Jacklien Ibo, dan bertemu dengan orang tuanya, Ferry Ibo, saya menyemangati agar Jacklien tabah dalam menghadapi cobaan. Karena selama ini, dia banyak berobat jalan, maka secepatnya kita akan dibawa Jacklien ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan. Biayanya full akan kami tanggung, dan kami juga akan membantunya untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Erick Thohir.

Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) itu juga menambahkan bahwa sosok Jacklien merupakan panutan dalam tim bola basket putri Nasional.

“Ia menjadi salah satu bukti bahwa putra-putri Tanah Papua ini punya potensi menjadi atlet nasional. Kami harus menghargai dan mengapresiasi apa yang sudah diberikan Jacklien kepada negara, sehingga kami akan terus pantau kondisi dan akan hadir terus hingga dia sembuh dan pulih. Saat saya temui, dia sudah mau dirawat di rumah sakit. Itu sudah bagus,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved