KSAD TPN-PB Wilayah Tabi Kembali ke NKRI, Serahkan Sejumlah Barang hingga Cium Bendera Merah Putih

KSAD TPN-PB wilayah Tabi, Alex Ruyaweri Yessi Makabori (70) kembali ke pangkuan NKRI.

Editor: Claudia Noventa
IST via Kompas.com
Alex mencium bendera merah putih sebagai tanda telah kembali ke pangkuan NKRI, Rabu (23/3/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kepala Staf Angkatan Darat Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (KSAD TPN-PB) wilayah Tabi, Alex Ruyaweri Yessi Makabori (70), serahkan sejumlah barang.

Diketahui, kembalinya Alex pada NKRI disampaikan langsung dalam pernyataan resmi di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Rabu (23/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Alex Ruyaweri menyerahkan sejumlah barang, yakni dokumen-dokumen TPN-PB, peluru hampa 20 butir, serta baju loreng berpangkat jenderal bintang 3.

Baca juga: Penimbun Terancam Ditindak, Stok Minyak Goreng di Kota Sorong Aman hingga 4 Bulan

Baca juga: Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan Luhut ke Polda Mentro Jaya, LBH Jakarta: Laporan Kami Ditolak

Tak hanya itu, Alex juga mencium bendera Merah Putih.

Barang-barang yang diserahkan oleh Alex diterima langsung oleh Kanit Pidana Umum Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Ipda Dhanel Zeth Rumpaidus.

Kasat Reskrim Iptu Muhammad Rizka mengatakan, Alex Ruyaweri Yessi Makabori memiliki jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat TPN-PB wilayah Tabi dengan pangkat jenderal bintang 3.

Alex disebut berperan aktif dalam organisasinya.

"Berdasarkan Surat Perintah tanggal 14 Februari 2022 dan surat pernyataan dari Erik Makabori yang merupakan anak kandungnya, meminta kami Polres Jayapura untuk membina orangtuanya (Alex)," kata Muhammad Rizka, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Siswa SMP di Bali Curi Uang Sesajen Jutaan Rupiah, Menyelinap ke 40 Pura Pakai Baju Adat Sembahyang

Menurut Kasat Reskrim, Alex Ruyaweri Yessi Makabori menyatakan dengan tegas bahwa dirinya telah kembali ke pangkuan NKRI.

Dia juga menyatakan bersedia memberikan semua dokumen dan barang bukti yang diterimanya dari TPN-PB.

"Dia ucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua dan Kapolres Jayapura karena telah membinanya dan menyadarkannya untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Selain itu, Erik Makabori yang merupakan anak kandung Alex juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Jayapura karena telah berhasil membina sang ayah.(*)

Berita terkait lainnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cium Bendera Merah Putih, KSAD TPN-PB Wilayah Tabi Kembali ke Pangkuan NKRI

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved