KKB Papua

Pratu Wilson Anderson Gugur Ulah KKB, Gubernur NTT: Darah yang Tumpah Demi Kedamaian Papua

Gubernur Viktor menyampaikan rasa dukacita atas meninggalnya Pratu Marinir Wilson Anderson Here.

Editor: Roy Ratumakin
POS-KUPANG.COM/HO-DOK-PRIBADI
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat memberi penghormatan kepada jenasah Pratu Marinir Wilson Anderson Here di rumah duka, kelurahan Sikumana Kota Kupang, Senin, 28 Maret 2022. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Gugurnya satu di antara prajurit terbaik TNI Angkatan Laut dari korps Marinir di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022) mendapat perhatian dari Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat.

Gubernur Viktor yang pernah berkunjung ke Kota Jayapura ini menyampaikan rasa dukacita atas meninggalnya Pratu Marinir Wilson Anderson Here.

Wilson adalah anggota Marinir Satgas Mupe Yonif Marinir-3 itu yang gugur di RSUD Mimika, Papua.

Baca juga: Tiba di Kupang, Besok Jenazah Pratu Marinir Wilson Anderson Here Dimakamkan

Ia meninggal dunia setelah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya menyerang pos Marinir.

KKB menyerang Pos Satgas Mupe Yonif Marinir-3 atau tempat tugas korban, di Distrik Kenyam, Nduga, Papua pada Sabtu 26 Maret 2022 sore.

Selain menembak, KKB juga melempari anggota di Pos Itu dengan granat.

Pratu Wilson mengalami luka akibat terkena tembakan di bagian perut sebelah kiri dan kepala belakang sebelah kiri.

Korban sempat dilarikan ke rumah sakit, sebelum dinyatakan meninggal dunia pada Minggu 26 Maret 2022 dini hari waktu Papua.

Baca juga: Mimpi Sang Adik Jadi Kenyataan, Pratu Marinir Wilson Anderson Here Gugur di Tangan KKB

Selain itu, beberapa anggota yang berada di lokasi mengalami luka dan saat ini sedang dalam perawatan tim medis.

Viktor menyebut darah Marinir yang tumpah di tanah Papua termasuk Pratu Wilson Anderson Here yang gugur di sana akan kembali menjadi doa dan kekuatan bagi kedamaian di Papua.

Viktor mengajak semua pihak berdoa untuk Papua. Dia beharap agar darah dari para korban yang selama ini sudah tumpah di tanah itu dapat membuat Papua berubah dari sebelumnya, damai dan sejahtera.

Baca juga: KISAH Pratu Wilson Korban KKB Papua, Ingin Jadi Prajurit TNI Sejak Kecil: Ikuti Jejak Sang Kakek

"Tapi kita juga berdoa bagi darah yang telah mencucuri pulau Papua itu, oleh darah Marinir asal Nusa Tenggara Timur, diharapkan bisa menjadi kekuatan untuk melakukan perdamaian, daerah itu akan menjadi damai dan sejahtera," ujarnya, di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) NTT.

Ia mewakili pemerintah dan masyarakat Nusa Tenggara Timur menyampaikan duka cita atas meninggal anggota marinir asal Nusa Tenggara Timur, Pratu Wilson Anderson Here.

Pratu Marinir Wilson Anderson Here Korban KKB di Kabupaten Nduga, Papua. (Kolase Pos Kupang)
Pratu Marinir Wilson Anderson Here Korban KKB di Kabupaten Nduga, Papua. (Kolase Pos Kupang) (Tribun-Papua.com/Istimewa)

Diketahui, jenasah korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Pratu Marinir Wilson Anderson Here telah tiba di rumah duka, Kelurahan Sikumana, Maulafa Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin, siang  28 Maret 2022.

Setelah dilakukan penjemputan secara kemiliteran di Pangkalan Udara Angkatan Laut, di Penfui Kupang, jenasah dibawa ke rumah duka. Tiba di sana, jenasah didoakan oleh keluarga.

Jenasah disemayamkan di rumah duka, dan akan dilakukan pemakaman secara militer pada Rabu 30 Maret 2022 pagi. Pihak, Lantamal VII Kupang menyerahkan jenasah kepada keluarga, sebelum didoakan. (*)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul - Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat: Darah Yang Tumpah Jadi Kedamaian di Papua

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved