Pakai Masker 3 Lapis hingga Tak Boleh Bicara, Ini Aturan Baru Naik Pesawat untuk Mudik Lebaran

Kemenhub menerbitkan aturan mengenai petunjuk perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara untuk mengakomodir mudik Lebaran 2022.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Terminal Keberangkatan di Bandar Udara Sentani Jayapura yang tampak telah dilakukan Beuatifikasi oleh pihak Angkasa Pura I Bandara Sentani, Selasa (14/9/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Masyarakat Tanah Air diperbolehkan untuk melakukan mudik Lebaran tahun ini di tengah pandemi Covid-19.

Kendati demikian, pemerintah menetapkan sejumlah aturan mengenai mudik Lebaran 2022.

Terbaru, Kementerian Perhubungan menerbitkan aturan mengenai petunjuk perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara untuk mengakomodir mudik Lebaran 2022.

Berdasarkan SE tersebut, terdapat beberapa ketentuan mengenai pengetatan protokol kesehatan bagi pelaku mudik yang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Baca juga: Persilakan Masyarakat Mudik Lebaran, Jokowi: Syaratnya Sudah 2 Kali Vaksin dan 1 Kali Booster

Salah satunya yakni, penumpang pesawat terbang perlu menggunakan masker kain tiga lapis.

"Atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu," tulis aturan tersebut seperti dikutip Kompas.com, Senin (4/4/2022).

Aturan tersebut tertuang di dalam Surat Edaran (SE) Nomor 36 Tahun 2022.

SE tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto dan berlaku mulai 5 April 2022.

Aturan kedua, penumpang pesawat terbang harus mengganti masker secara berkala setiap empat jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.

Baca juga: Presiden Jokowi: Ramadhan dan Lebaran Tahun Ini, Bisa Tarawih Berjemaah di Masjid dan Mudik

Selain itu, pelaku perjalanan dalam negeri dengan pesawat juga diminta untuk mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.

"Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan," tulis SE tersebut.

Selain itu, penumpang pesawat perjalanan dalam negeri juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

Penumpang pesawat juga tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan dengan waktu tempuh kurang dari dua jam.

"Terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut," jelas SE itu.

Baca juga: Mobilitas Mudik, Kemenkes Wajibkan Masyarakat Vaksinasi Booster

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved