Tribun Militer

Kala Warga Maybrat Papua Barat Siapkan Tempat untuk Ratusan Prajurit Kodam Bukit Barisan

Warga setempat malah menyediakan dua tempat untuk menyambut kedatangan ratusan prajurit tersebut; Gedung bekas gereja dan kantor distrik.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Sebuah Tempat Tinggal yang Disiapkan Warga bagi Personil TNI di Maybrat. (Maichel KOMPAS.com) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Aksi gotong royong ditunjukkan warga Kabupaten Maybrat, Papua Barat untuk menyambut kedatangan 100 personel Satgas Organik Yonif RK 136/Tua Sakti yang akan melaksanakan tugas di daerah itu.

Warga setempat bahkan menyediakan dua tempat untuk menyambut kedatangan ratusan prajurit jajaran Kodam I/Bukit Barisan tersebut.

Dua bangunan itu, gedung bekas gereja dan kantor distrik.

"Setelah saya sampaikan itu (kedatangan personel), tanggapan warga setempat malah menyiapkan tempat tinggal di sebuah bekas gereja dan Kantor Distrik."

"Tidak ada pertanyaan banyak dari warga, artinya mereka sudah tahu kehadiran kami di sini," kata Komandan Kodim (Dandim) 1809/Maybrat Letkol Inf Harry Ismail saat di hubungi Kompas.com, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: FLASHBACK Penyerangan Posramil Kisor Maybrat, Penegakan Hukum hingga Kembalinya Pengungsi

Harry mengatakan, prajurit Satgas Organik Yonif RK 136/Tua Sakti itu akan bertugas selama setahun di daerah itu.

Selama bertugas, mereka akan melaksanakan pembinaan teritorial, antara lain komunikasi sosial, karya bakti, bakti TNI yang terkait dengan fungsi kewilayahan.

Sebelum prajurit itu datang, pihaknya sudah menyampaikannya kepada tokoh adat setempat.

Karena itu, warga di sekitar dua kampung, yakni Kampung Susumuk dan Kumurkek terbuka dengan kedatangan personel TNI.

Baca juga: Pengungsi Kisor di Maybrat Telah Kembali ke Rumah, Tinggal Memburu KNPB?

"Sebelum personel Satgas Organik Yonif RK 136/Tua Sakti hadir saya sudah menyampaikan sekaligus menjelaskan dan meminta izin kepada tokoh adat, kepala distrik hingga kepala kampung, termasuk tempat ibadah, tentang kehadiran mereka dan tugas mereka," ujar Harry.

Sementara itu, Harry menyebut, secara keseluruhan aktivitas di Maybrat sudah berangsur berjalan dengan baik. Aktivitas pendidikan, ekonomi, peribadatan dan aktivitas pemerintahan sudah normal. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketika Warga Maybrat Papua Barat Menyiapkan Tempat Tinggal untuk Kedatangan Prajurit TNI...",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved