Kesehatan

Budi Sebut 10.333 Anggota Polda Papua Beserta Keluarga Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS

Sedikitnya10.333 Anggota Polri dilingkungan Polda Papua beserta keluarga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS

Editor: Musa Abubar
BPJS Kesehatan Cabang Jayapura for Tribun-Papua.com
Suasana Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyerahkan cindera mata kepada Deputi Direksi Wilayah BPJS Kesehatan Papua dan Papua Barat, Budi Setiawan 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Sedikitnya10.333 Anggota Polri dilingkungan Polda Papua beserta keluarga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS

Demikian disampaikan Deputi Direksi Wilayah BPJS Kesehatan Papua dan Papua Barat, Budi Setiawan saat melakukan audiensi dan silaturahmi dengan Kapolda Papua terkait dengan Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Tanah Papua pada Rabu (6/4/2022).

Baca juga: BTM Harap Kerja Sama Sister City Dapat Jadikan Jayapura Contoh Kota Modern di Kawasan Pasifik 

“Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas dukungan penuh Kepolisian Daerah (Polda) Papua yang telah terjalin baik selama ini dalam menyukseskan Program JKN-KIS, khususnya di wilayah paling timur indonesia ini,"kata Budi Setiawan melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Kamis (7/4/2022).

Budi mengatakan, sebanyak 10.333 Anggota Polri dilingkungan Polda Papua beserta keluarga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, dan setiap tiga bulan selalu diadakan rekonsiliasi data.

Baca juga: Jika Rusia Hadir, AS Ancam Bakal Boikot Sejumlah Pertemuan G20

Lanjut dia, BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan fasilitas kesehatan milik Polri, terdiri dari satu rumah sakit yaitu Rumah Sakit (RS) Bhayangkara, serta 14 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP/Klinik) milik Polri yang tersebar di wilayah kabupaten/kota di Papua.

Apresiasi juga disampaikan terkait RS Bhayangkara yang telah mengimplementasikan antrean online bagi peserta JKN-KIS untuk meningkatkan kualitas layanan dan mempermudah masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan di rumah sakit dari manapun, hanya melalui telepon genggam.

Baca juga: 60 Ribu ASN Pindah ke IKN Nusantara Mulai 2024, Begini Penjelasan Tjahjo Kumolo

Menurut Budi, dalam rangka meningkatkan optimalisasi penyelenggaraan JKN-KIS telah diterbitkan Inpres Nomor 01 Tahun 2022.

Dia mengatakan, diharapkan dukungan dari Polda Papua terkait implementasi Inpres tersebut, yang mana dengan adanya sinergi ini dapat bersama-sama menjaga sustainabilitas Program JKN-KIS sehingga masyarakat memperoleh kepastian akses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Sendiri atau Berjamaah di Bulan Ramadan

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kerjasama yang telah terjalin sangat baik selama ini.

“Saat ini dalam rangka mendukung Program JKN-KIS, pada 2021 Polda Papua juga telah merekrut Anggota Polri khusus berpendidikan tenaga kesehatan sebanyak 42 anggota yang ditugaskan di fasilitas kesehatan dan telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,"ujar Kapolda Mathius Fakhiri.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Paskah dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kata dia, pihaknya bakal menambah tenaga kesehatan dari penerimaan Anggota Polri tahun 2022 ini.

"Selanjutnya juga direncanakan akan dibangun satu lagi rumah sakit milik Polri di Timika untuk memperluas akses pelayanan kesehatan di Tanah Papua,”katanya.

Baca juga: Numbuk Telenggen Kembali Berulah di Puncak Papua, Rumah Warga Dibakar

Kapolda berharap kepada para pemangku kepentingan agar dapat berkolaborasi dan bersinergi meningkatkan optimalisasi Program JKN-KIS di tanah Papua, terutama terkait pendataan penduduk.

Tapi juga BPJS Kesehatan secara aktif berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk memastikan pendataan kependudukan warga Papua yang benar dan valid.

Terkait Inpres Nomor 01 Tahun 2022, Kapolda Papua menyambut baik dan siap mendukung pelaksanaan Inpres tersebut.

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di SEA Games 2021, Ini Respons Shin Tae-yong

“Polda Papua akan berupaya dan siap untuk mengimplementasikan Inpres tersebut, khususnya yang berkaitan dengan Inpres tersebut adalah di bagian Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas),"ujarnya.

Selanjutnya nanti BPJS Kesehatan dapat berkoordinasi secara teknis dilapangan termasuk dengan institusi terkait lainnya, seperti Badan Pendapatan Daerah agar dapat secara bersama-sama menjalankan Inpres itu sesuai dengan tanggungjawab masing-masing.

Baca juga: Merajut Program Komunikasi Pusat dan Daerah

Adapun ruang lingkup sinergi di antara Polda Papua dan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat terkait Inpres Nomor 01 Tahun 2022 terkait pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan melampirkan kepesertaan JKN-KIS yang aktif. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved