Sosok

Geser Luhut dan Erick Thohir, Papa Online Jadi Pembantu Jokowi Terkaya di Indonesia, Ini Sosoknya

Namun, di antara semua nama pembantu Presiden Joko Widodo tersebut, terungkap satu nama saja yang paling tajir. Berikut sosoknya:

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin mengenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik 34 Menteri, 3 Kepala Lembaga Setingkat Menteri, dan Jaksa Agung untuk Kabinet Indonesia Maju. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Tak dapat dipungkiri bahwa para menteri Kabinet Indonesia Maju diisi orang-orang dengan jumlah kekayaan yang tinggi.

Sebut saja, ada nama-nama seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto maupun Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dengan jumlah kekayaan yang tinggi.

Belum lagi kala menyebut nama mantan Bos Inter Milan yang kini menjabat Menteri BUMN, Erick Thohir, maupun mantan Bos Gojek yang kini menjabat Mendikbudristek, Nadiem Makarim.

Baca juga: Baru Setahun Jabat Wali Kota Solo, Harta Anak Presiden Naik Rp 4,1 Miliar

Namun, di antara semua nama pembantu Presiden Joko Widodo tersebut, terungkap satu nama saja yang paling tajir.

Adalah Sandiaga Uno.

Harta kekayaan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu menembus Rp10 triliun.

Jumlah kekayaan pria yang kerap disapa Papa Online oleh netizen itu bahkan naik hingga tiga kali lipat sebelum ia menjabat sebagai Menparekraf RI.

Baca juga: Mafia Minyak Goreng Ditetapkan Tersangka, Jokowi Beri Perintah Khusus

Hanya saja Sandiaga Uno memang dikenal sebagai sosok pengusaha dengan berbagai lini bisnis.

Sebelumnya berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 8 Maret 2022 lalu, Sandiaga memiliki harta kekayaan mencapai Rp.10.617.085.468.830.

Jumlah itu meningkat hampir tiga kali lipat dibanding ketika awal ia diangkat menjadi Menparekraf oleh Presiden Jokowi pada akhir 2020 lalu.

Kala itu, Sandiaga melaporkan ke KPK bahwa ia ‘hanya’ memiliki harta kekayaan sebesar Rp.3.815.767.386.190.

Kekayaan Sandiaga Uno bahkan mengalahkan harta kekayaan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Dato Sri Tahir.

Pengusaha yang juga pendiri Mayapada Group itu dalam LHKPN-nya tahun 2020 melaporkan "hanya" memiliki harta Rp.8.743.339.204.153.

Baca juga: Luhut Binsar Pandjaitan: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Indonesia!

Jumlah kekayaan Sandiaga Uno juga jauh lebih banyak dibanding harta kekayaaan sahabat dan rekannya di Kabinet Indonesia Maju, yakni Menteri BUMN Erick Thohir.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved