Papua Terkini

Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Papua Tumbuh 8 hingga 9 Persen Tahun Ini

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua memprediksi pertumbuhan ekonomi di Papua pada tahun 2022 ini akan meningkat sekitar 8,2-9,2 persen.

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua memprediksi pertumbuhan ekonomi di Papua pada tahun 2022 ini akan meningkat sekitar 8,2-9,2 persen. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua memprediksi pertumbuhan ekonomi di Papua pada tahun 2022 ini akan meningkat sekitar 8,2-9,2 persen.

Hal ini dikatakan Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, dalam acara Diseminasi Laporan Perekonomian Provinsi Papua di Kota Jayapura, Papua, Senin (25/4/2022).

“Kita perkirakan di sekitaran 8,2-9,2 persen. Ini keseluruhan di tahun 2022, jadi di sekitaran itu nanti pertumbuhan ekonominya,” kata Juli Budi Winantya kepada Tribun-Papua.com.

Baca juga: Bank Indonesia Target 15 Juta Pengguna Baru QRIS

Juli mengatakan, pertumbuhan ekonomi ini disebabkan oleh mobilitas masyarakat di Papua yang semakin meningkat, kendati masih berada masa pandemi Covid-19.

“Indikatornya ya itu, seperti mobilitas masyarakat kan mulai meningkat, kemudian ada keyakinan konsumen,” imbuhnya.

 

 

Tak hanya itu, meningkatnya transaksi masyrakat menggunakan kartu debit, kartu kredit, dan QRIS juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Bumi Cenderawasih.

Oleh karenanya, Juli berharap, melalui perkembangan dan peningkatan ini mampu menumbuhkan ekonomi di Papua menjadi semakin lebih lagi ke depannya.

Baca juga: Jelang Idulfitri, BI Papua Himbau Masyarakat Belanja Secara Bijak dan Pakai Sistem Non Tunai

“Jadi tentunya dengan mobilitas yang meningkat dan tingkat vaksin semakin maju lagi, pertumbuhan akan meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, kendati angka pertumbuhan ekonomi di Papua tahun ini tak sebaik tahun lalu, tapi ia menjelaskan, prediksi pertumbuhan ekonomi ini nanti sudah sangat bagus.

“Memang tidak setinggi tahun lalu yang 15,11 persen. Tapi angka 8 sampai 9 persen itu cukup tinggi untuk pertumbuhan,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved