Pemprov Papua

Berjasa bagi Papua, Lukas Enembe Disebut Pahlawan Olahraga hingga Dibuatkan Patung Besar

Dalam kaitannya dengan jasanya di bidang olahraga, Pemerintah Provinsi Papua menginisiasi pembangunan Patung Lukas Enembe di Papua.

Tribun-Papua
SAMBUTAN - Gubernur Papua, Lukas Enembe saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Noken Sedunia yang ke-9 di Jayapura Provinsi Papua, Sabtu (4/12/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Tak dapat dipungkiri bahwa Gubernur Papua, Lukas Enembe, memiliki jasa besar di bidang olahraga di Papua.

Berkat orang nomor satu di Papua itu, Pekan Olahraga Nasional (PON) berhasil dibawa ke wilayah paling timur Indonesia Papua.

Melalui event olahraga paling akbar dan bergengsi di seluruh Indonesia itu, Lukas Enembe tergolong sukses dalam mencapai 4 sukses yang ditarget.

Empat target sukses antara lain, sukses penyelenggaran PON, sukses prestasi atlet tuan rumah Papua di PON, sukses ekonomi melalui penyelenggaraan PON, dan sukses dalam pertanggungjawaban administrasi PON.

Baca juga: Akan Ada Patung Lukas Enembe di Papua, Alexander Kapisa: Sebuah Penghormatan!

Lantas, karena jasa dan kesuksesannya itu, Lukas Enembe disebut sebagai pahlawan olahraga.

Dalam kaitannya dengan itu, Pemerintah Provinsi Papua menginisiasi pembangunan Patung Lukas Enembe di Papua.

Pembangunan patung ini diproyeksikan di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua.

Patung dari suami Yulce Enembe itu bakal dibangun berdampingan dengan pahlawan olahraga lainnya.

Baca juga: Patung Pahlawan Olahraga Papua Bakal Dibangun, Ada Boaz Solossa dan Lisa Rumbewas 

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda), Alexander Kapisa, menyebutkan, patung tersebut merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi kepada para olahragawan yang telah berjasa mengharumkan nama Tanah Papua.

“Jadi, mungkin yang pertama patung besarnya pak Lukas Enembe. Beliau sudah setuju, saya lagi desain di Jogja, dalam waktu dekat kita akan pasang,” kata Alexander Kapisa kepada Tribun-Papua.com, Senin (25/4/2022).

Gubernur Papua, Lukas Enembe, sendiri telah dianggap sebagai pahlawan olahraga berkat sumbangsihnya membawa Papua menjadi tuan rumah PON XX 2021.

Sebelum memutuskan patung pahlawan olahraga siapa saja yang akan dipasang, Disorda Papua bakal membagikan nama-nama atlet terlebih dahulu kepada masyarakat.

Baca juga: BREAKING NEWS: Patung Pahlawan Olahraga Papua Bakal Dibangun di Stadion Lukas Enembe

Selanjutnya dari nama-nama tersebut, masyarakat bisa menentukan sendiri atlet siapa yang layak dibuatkan patung untuk dipasang di stadion terbesar di kawasan timur Indonesia.

“Nanti ada kategorinya, tapi kita sebar dulu ke masyarakat berupa kuisioner, dari nama-nama ini siapa yang layak, baru kita buatkan patung di situ,” ujarnya.

Alex mengungkapkan, kehadiran patung pahlawan olahraga itu diharapkan dapat menginspirasi bagi anak muda dan calon atlet-atlet Papua.

Selain itu, pemasangan patung ini juga bertujuan untuk menjadikan Stadion Lukas Enembe sebagai objek wisata yang baru setelah nanti dibuka untuk umum.

“Sisi lainnya ya menjadi objek wisata juga, kalau kita sudah buka untuk umum nanti,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved