Idulfitri 2022

90 Mobil Ikut Pawai Akbar Malam Takbiran di Kabupaten Jayapura, 300 Jemaah Terlibat

Pengurus Masjid Al Aqsa juga sudah berkoordinasi dengan seluruh instansi dan masjid di Kabupaten Jayapura.

Tribun-Papua.com/ Putri
Suasana di dalam Masjid Agung Al Aqsa, Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Minggu (1/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Putri Nurjannah Kurita

PAPUA-TRIBUN.COM, SENTANI - Ketua Pengurus Masjid Agung Al Aqsa mengatakan sekitar 80 hingga 90 kendaraan roda empat melakukan pawai akbar atau malam takbiran di beberapa titik di Kabupaten Jayapura.

Hal itu di sampaikan kepada Tribun-Papua.com saat berkunjung di Masjid Agung Al Aqsa di Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Minggu (1/4/2022).

"Kami sudah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid dan Polres Jayapura untuk melakukan takbiran nanti malam sehingga nanti ada pengawalan dari pihak keamanan," kata Ketua Pengurus Masjid Al Aqsa, Nurdin Sanmas.

Baca juga: BREAKING NEWS: Bendera Bintang Kejora Berkibar di Jayapura Papua

Ia mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh instansi dan masjid di Kabupaten Jayapura.

"Dari 90 kendaraan roda empat ini akan diikuti oleh 300 jemaah dan salah akan nanti dilepas oleh Kapolres, rutenya seperti biasa nanti dari Masjid Agung ke Hawai, Pertigaan Genyem, Auri, kembali ke Masjid Al Aqsa," ujarnya.

Dikatakan, sholat Idulfitri dilakukan pada keesokan harinya pukul 07.00 WIT di lapangan parkir Masjid Al Aqsa.

"Tahun ini akan dilaksanakan di beberapa titik yaitu Masjid Agung Rindam, 751, Lanud, Mapolres, dan masjid yang mempunyai halaman luas untuk menampung jamaah," katanya.

Ia mengatakan untuk pengamanan saat salat Idulfitri, ada keterlibatan dari pemuda gereja untuk membantu parkiran dan arus lalu lintas.

"Ada adik-adik dari gereja yang nanti datang untuk membantu juga, biasanya seperti itu, kami akan bantu bantu juga untuk pengamanan nanti saat ibadah atau perayaan besar, hubungan ini sudah 10 tahun berjalan dan selalu harmonis" ujarnya.

Baca juga: MUDIK LEBARAN: Lautan Manusia di Bandara Sentani Papua, Pelaku Perjalanan Tembus 6.000 Penumpang!

Pelaksanaan salat Idulfitri nantinya diperkirakan ada sekitar dua ribu jamaah yang melakukan salat berjamaah di Masjid Al Aqsa, dan tetap mematuhi aturan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan, yaitu penggunaan masker dan ada tempat cuci tangan.

Menurutnya, Masjid Agung Al Aqsa menjadi percontohan dan selama ini telah menjaga protokol kesehatan dengan ketat.  

"Setelah selama ini selama dua tahun tidak melakukan salat Idulfitri, kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Jayapura, suasana lebaran kali ini lebih khidmat karena bisa berkumpul dengan keluarga dan salat berjamaah," katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved