Idulfitri 2022

Arus Balik di Bandara Sentani Jayapura Naik 20 Persen, Pemudik Diimbau Pulang Lebih Awal

Arus balik penumpang pesawat udara di Bandara Sentani Jayapura mulai meningkat, memasuki hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Bandar Udara Sentani,Kabupaten Jayapura 

TRIBUN-PAPUA.COM - Arus balik penumpang pesawat udara di Bandara Sentani Jayapura mulai meningkat, memasuki hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Dalam minggu ini akan terjadi arus balik penumpang. Diperkirakan puncak arus balik pada Minggu, 8 Mei 2022,” ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani, Surya Eka, Rabu (4/5/2022).

Untuk itu Surya mengimbau para pemudik untuk merencanakan waktu kepulangan dengan matang agar terhindar dari penumpukan penumpang di bandara asal kepulangan dan bandara kedatangan di Bandara Sentani, Jayapura.

“Kami mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada hari Sabtu-Minggu, tetapi bisa lebih awal justru lebih baik lagi,” imbuhnya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran di Bandara Sentani Jayapura Diprediksi Pada 8 Mei 2022

Surya mengatakan, perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik di Bandara Sentani.

Bahkan, sangat membantu para petugas untuk mengatur para penumpang yang datang nantinya.

Surya menjelaskan, dari data posko pada 4 Mei 2022, jumlah penumpang di Bandara Sentani mulai meningkat di angka 5.002 penumpang dengan 113 pergerakan pesawat yang datang maupun pergi.

“Yang dimana jika dilihat dari jumlah keberangkatan masih di atas yakni 2.832 penumpang daripada kedatangan 2.107 penumpang,” jelasnya.

Baca juga: Ini Tanggal Puncak Arus Balik Mudik Lebaran Idulfitri 2022 di Bandara Mopah Merauke

Diketahui, puncak arus mudik di Bandara Sentani terjadi pada H-2 Lebaran.

Saat itu, jumlah pergerakan penumpang mencapai 6.800 orang dengan 147 frekuensi penerbangan. 

“Data kumulatif dari tanggal 25 April sampai dengan 4 Mei, Bandara Sentani telah melayani 49.777 penumpang naik 20 persen dan 1.238 pergerakan pesawat naik 6 persen jika dibandingkan dengan data tahun 2021,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arus Balik Penumpang Mulai Meningkat di Bandara Sentani Jayapura, Pemudik Dimbau Pulang Lebih Awal",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved