Info Papua

Sambut Hari Pattimura ke- 205, Ikemal Papua Gelar Donor Darah Hingga Malam Baku Dapa

Dalam rangka menyambut hari Pattimura ke 205 tahun pada 15 Mei nanti menggelar donor darah gratis hingga malam baku

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari
Suasana pelaksanaan donor darah yang digelar oleh Ikemal Papua dan PMI Kabupaten Jayapura, di Masjid Al-Aqsha, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (7/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam rangka menyambut hari Pattimura ke 205 tahun pada 15 Mei nanti, Ikatan keluarga Maluku (Ikemal) Papua menggelar donor darah gratis hingga malam baku dapa yang bakal dilakukan dipuncak peringatan 

Sabtu (7/5/2022) ini, Ikatan keluarga Maluku (Ikemal) Papua dan Palang Merah Indonesia (PMI) gelar donor darah gratis. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Masjid Al-Aqsha, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: 45 Nama Lolos Seleksi 15 Pimpinan OPD Mimika yang Dilelang, Berikut Nama-Namanya

Ketua Panitia penyelenggara hari Pattimura ke 205, Gempa Syah Chandra Pattisahusiwa mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama sehari, hingga pukul 15.00 WIT.

Sementara untuk target, menurut Gempa, pihaknya menyesuaikan dengan kebutuhan PMI Kabupaten Jayapura.

Baca juga: 2 Hektar Lahan di Dompu Terbakar, Diduga karena Puntung Rokok yang Dibuang Sembarangan

"Kami menentukan berapa banyak kantong darah yang harus didapatkan, tetapi pastinya kami harapkan bisa dapat sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan petugas PMI,"kata Gempa Syah Chandra kepada awak media, Sabtu.

Menurut dia, antusias masyarakat sangat tinggi, mereka terus berbondong-bondong datang mengikuti donor darah yang dilakukan.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Hepatitis Akut yang Menular Lewat Saluran Cerna dan Saluran Pernafasan

"Karena kegiatan ini kita buka untuk umum, maka bukan hanya orang Maluku saja yang datang, tetapi warga dari berbagai ikatan dan paguyuban juga datang untuk mendonor darah mereka,"ujarnya.

Selain donor darah, menurut dia, Ikemal juga bakal melakukan ziarah ke taman makam pahlawan di Waena, Kota Jayapura pada 14 Mei nanti.

Baca juga: Hendak Selundupkan Minyak Goreng ke Luar Negeri, Kapal Kargo Asing Ditangkap Kapal Patroli TNI AL

"Kita berziara pada pukul 08.00 WIT, dan selanjutnya pukul 17.00 WIT, dilanjutkan dengan lari obor Pattimura dari Taman Makan ke Kantor Bupati Jayapura,"katanya.

Obor Pattimura bakal diserahkan ke Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw untuk disemayamkan satu malam disana.

Selanjutnya, pada 15 Mei pukul 16.30 WIT, obor tersebut akan dibawa dari Kantor Bupati Jayapura menuju Gor Stakin Gidi Sentani.

Baca juga: Pasca Lebaran, Kapolresta Jayapura Kota Imbau Pemudik Jaga Keselamatan Saat Lakukan Perjalanan

"Setelah di Gor Stakin, kita lanjutkan dengan acara puncak yaitu, malam baku dapat bersama seluruh masyarakat Maluku di Papua," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Ikemal Papua, Harry Silooy menyebut puncak acara nanti, pihaknya akan mendatangkan 2 artis Maluku, yaitu Nona Ona Hetarua dan Willy Sopacua.

Baca juga: Pembentukan Karakter, Babinsa dan Babinkamtibmas Mapurujaya Latih Linmas di Kampung Muare

"Mereka berdua akan menghibur seluruh masyarakat Maluku yang ada di tanah Papua," katanya.

Guna menyukseskan hari Pattimura yang ke 205, Harry Silooy mengajak seluruh masyarakat Maluku di Papua untuk terus menjaga kebersamaan yang hingga kini terjaga di Bumi Cenderawasih.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved