Info BMKG Papua

BBMKG Jayapura : Gempa Berkekuatan 3,9 Magnitudo Guncang Kabupaten Nduga Papua

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mencatat gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,9 mengguncang Nduga

Editor: Musa Abubar
Tribun Bali
Ilustrasi Gempa 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mencatat gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,9 mengguncang wilayah Kabupaten Nduga, Papua pada Selasa 10 Mei 2022 sekira pukul 05.22 WIT

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Hendro Nugroho melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (10/5) menyebut hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan magnitudo 3.9.

Baca juga: Setelah Libur Lebaran,Aktivitas SKPD di Pemprov Papua Kembali Normal

Hendro mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.55 derajat Lintang Selatan dan 138.57 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 40 kilo meter arah Tenggara Kabupaten Nduga pada kedalaman 10 kilo meter.

Menurut Hendro, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar di Lajur Anjak Pegunungan Tengah.

Baca juga: Update Virus Corona di Papua dan Papua Barat hingga Senin 9 Mei 2022: Total Kasus Capai 79.923

Dia mengatakan, Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Wamena dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 05.50 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),"katanya.

Baca juga: Pria Aniaya Warga di Bondowoso, Cemburu Istrinya Sering Digoda Korban via Chat

Hendro mengimbau kepada warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Lanjut dia, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca juga: Dede Sulaiman Susul Fitrul Rustapa Hengkang dari Persipura, Mutiara Hitam Krisis Kiper Jelang Liga 2

Dia menambahkan, kepastian informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG).

Selanjutnya, website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved