Kesehatan

Binmas Noken Salurkan 8 Koli Alkes dan Obat-obatan ke 3 Daerah di Pedalaman Papua

Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz menyalurkan Alkes (Alat Kesehatan) dan obat-obatan ke 3 wilayah di pedalaman Papua

Editor: Musa Abubar
Humas Polda Papua
Suasana penyaluran Alkes (Alat Kesehatan) dan obat-obatan ke 3 wilayah di pedalaman Papua di Bandar Udara Sentani 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz menyalurkan Alkes (Alat Kesehatan) dan obat-obatan ke 3 wilayah di pedalaman Papua.

Ketiga wilayah tersebut yakni Kabupaten Puncak, Nduga dan Intan Jaya. Penyaluran sendiri dilakukan dari Bandara Sentani Jayapura menuju Bandara Timika kemudian dilanjutkan ke tiga daerah itu.

Baca juga: Kasus Nagreg, Kolonel Priyanto Minta Keringanan Hukuman karena Pernah Ikut Operasi Seroja

Sebelumnya, Binmas Noken menyalurkan Alkes dan obat-obatan sebanyak 26 Koli dan kali ini Satgas Binmas kembali menyalurkan 8 Koli Alkes dan obat-obatan.

Penyaluran dipimpin langsung oleh Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz AKBP Yamin Dian Priono didampingi Pamin Satgas Binmas Ipda Wilhelma Kurut.

Baca juga: Demonstran Penolak Pemekaran Papua Dibubarkan, Massa Malah Lempari Batu ke Arah Aparat

Kemudian, dokter Keladi Sagu wilayah Pegunungan Bintang Ipda dr. Yoga Aris Munandar, dokter Keladi Sagu wilayah Yahukimo Ipda dr. M. Pino Hakim dan Ipda Anditya Budi Sasongko, S.H.

Wakasatgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz AKBP Yamin Dian Priono mengatakan penyaluran alat kesehatan dan juga obat-obatan ini untuk menunjang pelaksanaan tugas Tim Medis Binmas Noken di wilayah yang termasuk dalam Operasi Damai Cartenz.

Baca juga: Zona Integritas di Pemkab Jayapura, Mathius Awoitauw: Kalau Korupsi, Diganjar Sanksi Tegas!

“Tujuannya untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat di pedalaman Papua yang termasuk dalam wilayah Operasi Damai Cartenz-2022,”kata Wakasatgas Binmas Ops Damai Cartenz AKBP Yamin Dian Priono melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (10/5/2022).

Lanjut dia, pemberian pelayanan kesehatan di pedalaman Papua bukan perkara mudah, karena jarak yang jauh dan lokasinya juga sangat sulit diakses.

Baca juga: Massa Demo Tolak DOB dan Otsus di Jayapura Lempari Satu Mobil Milik Warga Hingga Rusak Berat

"Namun, hal tersebut tak menyurutkan niat baik kami dalam memberikan pelayanan kesehatan yang merata kepada masyarakat Papua, khususnya dipedalaman Papua,"ujarnya.

Menurut dia, pendistribusian Alkes dan obat-obatan ke wilayah pedalaman dilakukan mulai dari Bandar Udara Sentani Jayapura lalu ke Timika dan didistribusikan ke masing-masing wilayah.

Baca juga: Shin Tae-yong Konfirmasi Ada Rotasi Pemain di Timnas U-23 Indonesia untuk Lawan Timor Leste

Sementara itu, Ipda dr. Yoga Aris Munandar selaku Ketua Tim Medis dokter program Keladi Sagu Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 menyebut pengiriman Alkes dan Obat-obatan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Papua melalui program Keladi Sagu.

“Program Keladi Sagu itu bentuk pelayanan Polri yang terbuka bagi masyarakat umum yang berada di lima wilayah Operasi Damai Cartenz, yaitu Kabupaten Nduga, Puncak, Intan Jaya, Yahukimo dan Pegunungan Bintang,”katanya.

Baca juga: Pria di Jember Aniaya Pemuda hingga Tewas, Pelaku Cemburu Lihat Pacarnya Dibonceng Korban

Dia mengatakan, program keladi Sagu merupakan salah satu dari 5 program Satgas Binmas Ops Damai Cartenz-2022 dalam bentuk perhatian negara terkait pelayanan kesehatan di pedalaman Papua.

“Harapannya pelayanan ini dapat menyentuh masyarakat yang terkendala dengan transportasi dalam menjangkau rumah sakit untuk berobat,”tambah dia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved